Home Otomotif Presiden Prabowo Subianto Ikut Andil Dalam Pengembangan Pindad MV3 Garuda Limousine, Ini...

Presiden Prabowo Subianto Ikut Andil Dalam Pengembangan Pindad MV3 Garuda Limousine, Ini Kehebatannya?

0

Presiden Prabowo Subianto Ikut Andil Dalam Pengembangan Pindad MV3 Garuda Limousine, Ini Kehebatannya? 01

Pasca resmi dilantik, Presiden Prabowo Subianto terpantau menggunakan sebuah mobil khusus yang disebut MV3 Garuda Limousine buatan PT Pindad.

Ya, Pindad MV3 Garuda Limousine terlihat mengantarkan Prabowo beserta Wakil Presiden, Gibran Rakabuming untuk arak-arakan dari Gedung MPR/DPR RI hingga Istana Merdek, di Jakarta. 

Digunakan Presiden Prabowo Subianto saat keluar gedung MPR/DPR

Usut punya usut, MV3 Garuda Limousine yang digunakan presiden merupakan pengembangan terbaru dari MV3 yang didesain dan dikembangkan untuk mengakomodir secara langsung arahan dari Prabowo Subianto. 

Hal ini juga diakui Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose, dimana menurutnya Prabowo tiada henti memberi kepercayaan dan mendorong penggunaan produk buatan dalam negeri produksi Pindad untuk terus maju dan meningkatkan kualitasnya. 

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Pindad Maung Versi Ketiga, Ini Kehebatannya

Tampak gagah saat digunakan iring-iringan

“Selamat atas pelantikan bapak Presiden beserta Wakil Presiden RI, selamat bertugas dan semoga sukses selalu dalam mengemban amanah rakyat Indonesia,” ungkap Abraham dalam keterangan tertulisnya. 

Sementara itu, Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, Sigit Santosa mengungkapkan peran penting keterlibatan presiden RI dibalik MV3 Garuda limousine dan dalam mendorong kemandirian industri nasional di bidang otomotif sebagai upaya maksimal dalam mewujudkan pengembangan kendaraan taktis militer dan kendaraan sipil secara utuh, mulai dari desain
konsep sampai produksi massal.

Baca juga: Terlihat Sama, Ini Perbedaan Pindad Maung vs Pindad MV2 4×4

“Kendaraan MV3 Garuda Limousine memiliki desain yang memperlihatkan karakter yang kuat dengan identitas bangsa Indonesia yang kental, dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan untuk penumpang di dalamnya,” jelas Sigit. 

Dia juga menyatakan, mobil terbaru ini memiliki peran penting dalam mengungkapkan ide-ide inovatif, identitas bangsa, dan masukan terhadap kendaraan MV3 Garuda Limousine.

“Tim teknis kami beserta seluruh insan Pindad berupaya keras untuk mewujudkannya, Alhamdulillah hari ini produk buatan dalam negeri untuk pertama kalinya digunakan langsung oleh Presiden RI,” ucap. 

Kehebatan Pindad MV3 Garuda Limousine

Tampak belakang dan samping

Sosok Pindad MV3 Garuda Limousine memang cukup menyita perhatian, pasalnya mobil ini memang belum pernah sekalipun dipamerkan di hadapan publik. 

Memang belum bisa direview secara langsung, namun sekilas tampilan mobil ini terkesan gagah, mirip sebuah Hummer. 

Eksterior Pindad MV3 Garuda Limousine Anti Peluru

Tampilan depan dengan lampu kotak 

Sekilas desain mobil ini memang terkesan kaku, dengan bentuknya yang boxy, demikian juga bonet depannya terlihat mengkotak. 

Bagian gril mobil ini juga dibuat besar lengkap dengan list chrome sehingga tampak mewah. Untuk motif grille terinspirasi dari batik parang yang menggambarkan kearifan lokal sekaligus sebagai salah satu identitas bangsa. 

Memiliki logo Garuda dibagian tengah grile 

Lalu, bagian headlampnya juga dibuat kotak, dengan lampu LED. Tampilan yang dengan sudut persegi juga terlihat dari bagian samping, termasuk kaca jendela, serta pintunya. Tak sampai disitu, ada juga logo Garuda melambangkan kekuatan dan gerak dinamis dengan kepak sayapnya yang mengembang menjadi simbol di berbagai bagian kendaraan.

Mobil ini juga sudah dilengkapi Automatic Footstep di bagian samping kendaraan untuk memudahkan pijakan keluar masuk kendaraan. Di bagian belakang, dual exhaust diterapkan untuk meningkatkan performa kendaraan.

Body dibuat anti peluru

Menurut keterangan tertulis, Pindad telah menerapkan proteksi kendaraan sebagai prioritas utama. Maka dari itu bagian body mobil ini sudah dibekali fitur keamanan seluruh area kendaraan dengan material composite armor yang memiliki ketahanan terhadap munisi kaliber 7,62 x 51 mm NATO ball & kaliber 5,56 x 45 mm M193.

Demikian juga dengan kaca anti peluru level B5/B6, serta dilengkapi ban berukuran berukuran 21 inci dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan. Body yang dibalut dengan kelir putih ini juga membedakan dengan mobil kepresidenan lainnya, dimana biasanya warna hitam kerap dipakai sang presiden. Namun kali ini tidak dilakukan Prabowo.

Baca juga: Bukan Cuma Disukai Prabowo, Kendaraan Taktis Pindad Maung Buatan Indonesia Juga Mau Diekspor

Interior Mewah

Interior mewah

Meski belum bisa dilihat secara langsung, akan tetapi melansir Pindad, terbilang cukup lega, karena secara dimensi memiliki panjang 5,05 meter, lebar 2,06 meter, tinggi 1,87 meter. 

MV3 Garuda Limousine ini sudah dibekali berbagai interior premium, mulai dari  material wood finish accents, dilengkapi kursi penumpang captain seat dengan pengaturan elektrik disertai leg rest serta limo touch control panel.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan Head Unit 12 inci, kamera 360, LED smart TV, cooled storage, dan portable WiFi.

baris kedua 

Untuk sistem pendingin sudah digital dengan pengaturan dual zone, lalu push start button untuk menyalakan mesin. 

Tampilan MID sudah mengusung kombinasi digital dan analog, sementara lingkar kemudinya cukup menarik karena ada logo garuda di bagian tengah, lengkap beberapa tombol pentaruan ada di samping kiri setir. 

Paling penting, mobil ini dilengkapi dengan atap terbuka, sehingga Prabowo bisa mengeluarkan setengah badanya agar bisa menyapa masyarakat yang ingin melihat secara langsung.  

Performa Mesin Pindad Garuda

Tidak disebutkan bagaimana mesin yang dibenamkan, namun mobil yang memiliki bobot 2,95 ton ini memiliki daya 202 PS.

Tenaga mesin tersebut disalurkan ke transmisi AT dengan delapan percepatan, dan memiliki kecepatan maksimum hingga 100 Km per jam.

 

 

 

Source link

Exit mobile version