Home Berita Guncangan Gempa Menghantam Bolaang Mongondow, Sulut pada Hari Ini Rabu 1 Oktober...

Guncangan Gempa Menghantam Bolaang Mongondow, Sulut pada Hari Ini Rabu 1 Oktober 2023

0

Gempa bumi terjadi di wilayah Indonesia hari ini, Rabu (1/11/2023). Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hingga pukul 20.00 WIB, terdapat satu gempa yang terjadi pada hari ini. Gempa tersebut terjadi di Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara.

Gempa tersebut memiliki kekuatan magnitudo 5,1 dan BMKG menyatakan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. Gempa di Bolaang Uki terjadi pada dini hari, tepatnya pukul 00.37 WIB.

BMKG juga menginformasikan bahwa pusat gempa berada di 61 km barat daya Bolaang Uki, Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulut. Lokasinya tepatnya berada pada koordinat -0,16 Lintang Selatan (LS) dan 123,84 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman gempa mencapai 112 kilometer.

Gempa bumi merupakan bencana alam yang berpotensi merusak. Fenomena ini dapat terjadi kapan saja dan berlangsung dalam waktu singkat. Indonesia merupakan wilayah yang rawan terhadap bencana gempa.

Gempa bumi dapat menyebabkan kerugian baik dalam hal korban jiwa maupun kerugian materi. Menurut WHO, secara global, gempa bumi telah menyebabkan 750 ribu kematian selama kurun waktu 1998-2017. Lebih dari 125 juta orang terkena dampak gempa bumi selama periode tersebut.

Meskipun tidak dapat dicegah, gempa bumi dapat dihadapi dengan tanggap bencana. Salah satu cara menghadapi gempa bumi adalah dengan mengetahui prosedur evakuasi dan mematuhi pedoman keselamatan ketika bencana ini terjadi.

Exit mobile version