Home Berita Menerapkan Bahasa Kutai sebagai Muatan Lokal di Kurikulum Sekolah di Kabupaten Kutai...

Menerapkan Bahasa Kutai sebagai Muatan Lokal di Kurikulum Sekolah di Kabupaten Kutai Kartanegara

0

Liputan6.com, Tenggarong – Bahasa Kutai rencananya akan menjadi muatan lokal dalam kurikulum sekolah. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara sedang mempersiapkan Bahasa Kutai agar dapat diajarkan sebagai mata pelajaran mulai tahun ajaran baru 2023-2024. Bahasa Kutai akan diajarkan dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP).

“Sekarang kami sedang menyusun buku dan hanya perlu memeriksa kesiapan materinya,” kata Liliyanto Ismail, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kukar, pada Senin (30/10).

Dalam rencana Disdikbud Kukar, sebanyak 50 sekolah di 20 kecamatan akan menerapkan Bahasa Kutai sebagai muatan lokal. Disdikbud juga telah memberikan pendampingan kepada para guru di 16 sekolah di Kukar untuk melakukan uji coba dalam mendukung program ini.

Penerapan pembelajaran bahasa daerah ini bertujuan untuk melestarikan Bahasa Kutai sebagai warisan budaya dan identitas masyarakat Kukar.

“Bahasa Kutai adalah bagian dari budaya kita, sehingga dapat memberi warna dalam kehidupan masyarakat Kukar dan memahami Bahasa Kutai,” tambahnya.

(*)

(Artikel ini telah dihapus semua hyperlink)

Exit mobile version