Home Berita Guncangan Gempa Indonesia Hari Ini, Rabu 13 Desember 2023 Melanda Donggala, Pangandaran,...

Guncangan Gempa Indonesia Hari Ini, Rabu 13 Desember 2023 Melanda Donggala, Pangandaran, dan Padang Panjang Sumbar

0

BMKG Laporkan Ada 3 Wilayah di Indonesia Diguncang Gempa

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan ada tiga wilayah di Indonesia yang diguncang gempa hari ini, Rabu (13/12/2023). Hingga pukul 23.30 WIB, masing-masing gempa tersebut terjadi di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Pangandaran, dan Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar).

Saat gempa mengguncang Donggala dengan magnitudo 3,9, getarannya dirasakan hingga Palu dalam skala II-III MMI (Modified Mercalli Intensity). Ada pun lindu terjadi pada pukul 00:37:16 WIB.

“Pusat gempa berada di Laut 41 Km barat daya Donggala,” jelas BMKG.

Berdasarkan analisa BMKG juga disebutkan bahwa lokasi gempa Donggala terletak pada koordinat 0,73 Lintang Selatan (LS) dan 119,62 Bujur Timur (BT). Sementara, lindu berada dikedalaman 14 kilometer di bawah permukaan laut.

Wilayah kedua di Indonesia yang juga digetarkan gempa adalah Padang Panjang. Terjadi pada pukul 04:01:52 WIB, BMKG menginformasikan gempa memiliki kekuatan magnitudo 3,1.

Ada pun wilayah yang ikut merasakan getarannya saat terjadi gempa adalah Padang Panjang dalam skala II MMI.

Sedangkan episenter gempa terletak pada koordinat 0,45 LS dan 100,25 BT. Atau lebih tepatnya berpusat di darat 15 km barat laut Padang Panjang dengan kedalaman 5 kilometer.

Gempa hari ini berikutnya terjadi di Kabupaten Pangandaran sore tadi, tepat pukul 17:35:55 WIB. Menurut catatan BMKG, kekutan gempa yang dilepaskan bermagnitudo 4,3.

“Pusat gempa berada di laut 78 Km barat daya Kabupaten Pangandaran,” info BMKG dilaman resminya.

Ada sejumlah wilayah yang ikut merasakan guncanganya saat gempa bumi terjadi, yaitu Tasikmalaya, Sipatujah, Cikajang, Ciamis, Pangandaran, dan Cijulang masing-masing dalam skala II-III MMI.

Exit mobile version