Home Berita Forum Penyelamat Konstitusi: Gugatan Anwar Usman Dikabulkan, Kemelut MK Semakin Runyam

Forum Penyelamat Konstitusi: Gugatan Anwar Usman Dikabulkan, Kemelut MK Semakin Runyam

0

Sejumlah mahasiswa dan aktivis yang tergabung dalam Forum Penyelamat Konstitusi (FPK) mengadakan demonstrasi di kantor PTUN Jakarta pada Rabu, 3 Januari 2024. Mereka mendukung Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo untuk menyelamatkan MK.

“Jika gugatan itu dikabulkan, maka masalah di MK akan semakin rumit, polemik akan muncul kembali, dan proses pemulihan reputasi lembaga MK semakin terhambat,” kata Koordinator Aksi Abdi Maludin dalam aksinya.

Terketahui bahwa jabatan Suhartoyo sebagai Ketua MK sedang digugat oleh mantan Ketua MK Anwar Usman terkait putusan MKMK.

Dalam situasi di mana kepercayaan publik terhadap MK belum pulih, diperkirakan akan muncul narasi yang meragukan integritas MK.

Abdi juga mengatakan bahwa tantangan MK dalam tahun politik ini semakin berat. MK akan menghadapi perkara perselisihan hasil Pilpres atau Pemilu tidak lama setelah hasilnya diumumkan oleh KPU.

“Karena itu, Ketua MK harus sungguh-sungguh untuk menegakkan peradilan konstitusi yang berintegritas, terpercaya, dan menjadi garda terdepan dalam menjaga independensi MK,” tegas Abdi.

Namun, menurut Abdi, saat ini Suhartoyo dan para hakim konstitusi menghadapi hambatan serius dalam menjaga reputasi MK.

Exit mobile version