Home Berita Prakiraan Cuaca Jabodetabek Hari Ini: Hujan Diprediksi Siang hingga Malam Ini, Selasa...

Prakiraan Cuaca Jabodetabek Hari Ini: Hujan Diprediksi Siang hingga Malam Ini, Selasa 9 Januari 2024

0

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya telah mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas lebat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) periode 3-10 Januari 2024. Selain itu, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ini diprediksi akan disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang.

BMKG mengimbau kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem tersebut. Deputi Bidang Meteorologi Guswanto menyatakan bahwa daerah bertopografi curam/bergunung/tebing atau rawan longsor dan banjir harus tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.

Guswanto juga menyebutkan bahwa kondisi cuaca ekstrem disebabkan oleh dinamika atmosfer yang memicu adanya potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah, seperti Monsun Asia Musim Dingin yang membuat pertumbuhan awan hujan di periode Januari cukup intens. Selain itu, aktifitas Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini juga sudah mulai memasuki wilayah Indonesia dan dalam sepekan kedepan secara tidak langsung dapat memicu peningkatan potensi hujan sedang-lebat di beberapa wilayah. Guswanto juga menambahkan bahwa kondisi tersebut diperkuat dengan adanya aktivitas gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat dan cukup bertahan hingga 5 hari ke depan.

Exit mobile version