Home Kesehatan Pentingnya Memeriksakan Kesehatan Organ Reproduksi Sejak Dini, Dokter Ingatkan agar Tidak Diabaikan

Pentingnya Memeriksakan Kesehatan Organ Reproduksi Sejak Dini, Dokter Ingatkan agar Tidak Diabaikan

0

Perempuan Perlu Mencatat Siklus Menstruasi Sejak Praremaja

Masih banyak perempuan yang belum tahu cara menjaga kesehatan organ reproduksi dengan baik. Beberapa tanda gangguan organ tersebut kerap dianggap biasa. Seperti haid yang tidak teratur atau munculnya nyeri haid hebat ketika siklus menstruasi tiba.

Umumnya, perempuan baru memeriksakan diri ke dokter kandungan atau obgyn ketika sudah hamil atau sulit hamil setelah menikah. Padahal, jika muncul gejala gangguan kesehatan organ reproduksi di usia dini, perempuan bisa memeriksakan diri ke dokter, seperti disampaikan dr Dinda Derdameisya, Sp.OG.

“Padahal sebenarnya gejala-gejala atau tanda-tanda yang dikeluhkan dari awal usia remaja atau praremaja, dimana misalnya nyeri haid atau haidnya tidak teratur itu adalah suatu tanda yang mungkin nanti saat dewasa dan sudah menikah itu menjadi masalah,” tutur Dinda dalam launching klinik First Care di Panglima Polim, Jakarta Selatan, Senin, 4 Maret 2024.

Oleh karena itu, Dinda menekankan sebaiknya orangtua mengajarkan pada anak perempuan yang sudah memasuki usia praremaja untuk mulai mencermati kondisi kesehatan organ reproduksinya. Caranya bisa sesederhana mencatat siklus menstruasi.

“Jadi memang lebih baik awareness ini diajarkan terutama buat anak perempuan yang sudah memasuki praremaja untuk mencatat siklus mens,” ujar Dinda.

Menurutnya hal tersebut sangat mudah dilakukan, terlebih saat ini telah tersedia aplikasi untuk memudahkan hal tersebut. Dengan demikian, akan lebih mudah untuk mencermati kemungkinan adanya gangguan kesehatan organ reproduksi perempuan.

Source link

Exit mobile version