Home Kesehatan Mengetahui Perbedaan antara Panic Attack dan Serangan Kecemasan

Mengetahui Perbedaan antara Panic Attack dan Serangan Kecemasan

0

Pilihan Pengobatan untuk Kecemasan dan Serangan Panik

Terdapat banyak pilihan pengobatan untuk kecemasan dan serangan panik yang tumpang tindih. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Psikoterapi
Psikoterapi, atau terapi bicara, adalah jenis pengobatan yang membantu orang untuk mengidentifikasi dan mengubah pikiran, perasaan, dan tindakan yang membuat mereka cemas. Beberapa jenis terapi bicara yang bermanfaat untuk kecemasan dan serangan panik adalah:
– Terapi Kognitif-Perilaku (CBT): CBT membantu orang untuk mengidentifikasi pola pikir negatif dan menggantinya dengan pemikiran yang lebih rasional.
– Terapi Penerimaan dan Komitmen (ACT): ACT membantu orang untuk menerima pikiran dan perasaan mereka, dan untuk fokus pada tindakan yang sesuai dengan nilai-nilai mereka.

2. Obat-obatan
Berbagai jenis obat dapat membantu untuk mengatasi serangan panik dan kecemasan, termasuk:
-Obat penenang: Obat ini dapat membantu untuk meredakan gejala kecemasan dan panik dalam jangka pendek.
-Antidepresan: Obat ini dapat membantu untuk meningkatkan kadar serotonin dan norepinefrin di otak, yang dapat membantu untuk mengurangi gejala kecemasan.
-Beta-blocker: Obat ini dapat membantu untuk meredakan gejala fisik kecemasan, seperti jantung berdebar kencang dan gemetar.

Selain mencari bantuan profesional, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membantu mengatasi kecemasan dan serangan panik:

1. Aktivitas Fisik dan Relaksasi
Lakukan yoga, tai chi, dan qigong, yang terbukti efektif dalam mengurangi stres dan kecemasan, berolahragalah secara teratur dan dapatkan tidur berkualitas yang cukup untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik Anda.

2. Dukungan dan Kebiasaan Sehat
Bergabunglah dengan kelompok dukungan untuk bertemu orang lain yang memahami apa yang Anda alami dan saling berbagi tips, makan secara teratur untuk menjaga kadar gula darah stabil dan mencegah kecemasan yang dipicu oleh rasa lapar serta batasi atau hindari konsumsi kafein, stimulan lain, dan beberapa obat flu yang dapat memperburuk kecemasan.

3. Teknik Pengelolaan Stres
Cobalah teknik pengelolaan stres seperti meditasi dan mindfulness untuk membantu Anda mengendalikan pikiran dan emosi dan latih kesadaran diri untuk mengenali pemicu kecemasan dan belajar bagaimana meresponnya dengan lebih tenang.

Source link

Exit mobile version