Home Kesehatan Mulai dari Mana untuk Merekomendasikan Vaksin bagi Orang Dewasa?

Mulai dari Mana untuk Merekomendasikan Vaksin bagi Orang Dewasa?

0

Liputan6.com, Jakarta Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) telah memperbarui rekomendasi jadwal vaksinasi dewasa tahun 2024 dengan menambahkan vaksin Pneumokokal Konjugat 15-valent (PCV15). Dengan tambahan vaksin PCV15 ini, total ada 23 vaksinasi yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

Dikarenakan banyaknya vaksin yang direkomendasikan, sebagian masyarakat mungkin merasa bingung. Maka dari itu, dokter Alfi Auliya Rachman menjelaskan bahwa dari 23 vaksin tersebut, tidak semua perlu dilakukan secara bersamaan meskipun akan lebih baik jika semuanya dilakukan.

“Meskipun lebih baik jika semuanya dilakukan, tapi jika tidak, tetap harus waspada dan menjaga diri,” kata Alfi. Bagi yang berminat untuk melakukan vaksinasi demi kesehatan, disarankan untuk memulai dari vaksinasi untuk penyakit yang sering muncul di masyarakat.

“Sebaiknya mulai dengan vaksinasi untuk penyakit yang umum, seperti influenza, HPV, tifoid, pneumonia, dan juga vaksinasi untuk DBD,” ujar Alfi. Selain itu, vaksinasi juga dapat dipilih berdasarkan gaya hidup pasien. Misalnya, untuk pasien yang sering mengonsumsi makanan di tempat yang kurang bersih, disarankan untuk melakukan vaksinasi hepatitis.

Source link

Exit mobile version