Home Kesehatan Menkes Budi dan Elon Musk Memeriksa Kualitas Jaringan Internet Starlink di Puskesmas...

Menkes Budi dan Elon Musk Memeriksa Kualitas Jaringan Internet Starlink di Puskesmas Tabarfane Maluku

0

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bersama Elon Musk, pemilik Starlink melakukan uji coba jaringan satelit tersebut secara daring dari Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Denpasar, Bali. Pada Minggu, 18 Mei 2024 sore, Menkes Budi dan Elon Musk menghubungi puskesmas yang sudah menggunakan jaringan Starlink, salah satunya Puskesmas Pembantu Tabarfane yang berada di Kepulauan Aru, Maluku.

Budi dan Elon terhubung secara daring dengan Kepala Puskesmas Pembantu Tabarfane Kepulauan Aru, Maluku, yakni dokter Kristian. Kristian menyampaikan bahwa sebelumnya puskesmas mereka sangat kesulitan menginput data karena internet di wilayah tersebut sangat lambat, memaksa mereka untuk pergi ke kota yang jaraknya 2-3 jam.

Pengecekan jaringan internet Starlink juga dilakukan dengan menghubungi dokter Aris selaku Kepala Puskesmas Pembantu Bungbungan, Klungkung, Bali. Aris menyatakan bahwa sebelum menggunakan layanan internet milik Elon Musk tersebut, mereka mengalami kesulitan dalam mengakses internet. Puskesmas Pembantu Bungbungan melayani 3.600 keluarga melalui posyandu, yang menggunakan aplikasi-aplikasi untuk mendata. Sebelum menggunakan Starlink, kecepatan internet hanya mencapai 17 mbps, namun setelah menggunakan Starlink, kecepatannya meningkat hingga 113 mbps.

Aris memberikan contoh penggunaan sinyal Starlink saat mengunggah data pencatatan kondisi bayi. Dengan jaringan yang cepat dari Starlink, proses pengunggahan data menjadi lebih efisien dan membantu Kementerian Kesehatan dalam mengumpulkan data melalui Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK).

Source link

Exit mobile version