Home Kesehatan Pakai Jaringan Starlink milik Elon Musk, Menkes Budi: Lebih dari 3000 Puskesmas...

Pakai Jaringan Starlink milik Elon Musk, Menkes Budi: Lebih dari 3000 Puskesmas yang Kesulitan Sinyal Akan Terhubung dengan Internet

0

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa hadirnya jaringan satelit Starlink milik Elon Musk di Indonesia akan memperkuat layanan digitalisasi di puskesmas. Sebanyak 3 ribu puskesmas di Indonesia diperkirakan akan dapat terhubung dengan internet berkat kehadiran Starlink.

Dari total 10 ribu puskesmas yang ada, sebanyak 2.700 di antaranya mengalami masalah koneksi internet yang buruk. Sementara itu, 700 puskesmas lainnya bahkan sama sekali tidak memiliki akses internet.

Dengan adanya koneksi internet yang dapat mencapai puskesmas di daerah terpencil, terdepan, dan terluar (3T), proses digitalisasi puskesmas diharapkan dapat berjalan dengan optimal. Menkes Budi menjelaskan bahwa hadirnya Starlink akan membuat puskesmas yang sebelumnya kesulitan akses internet menjadi terhubung.

Selain membantu puskesmas di daerah 3T, kehadiran Starlink juga diharapkan akan membantu pemenuhan akses internet di wilayah kepulauan yang sulit terjangkau. Menkes Budi menegaskan bahwa kesulitan akses internet tidak hanya terjadi di daerah terluar, namun juga di beberapa wilayah di Bali.

Dengan adanya Starlink, diharapkan proses digitalisasi puskesmas akan semakin lancar. Data vaksinasi, misalnya, dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam sistem pusat sehingga memudahkan pengelolaan informasi kesehatan masyarakat.

Source link

Exit mobile version