Home Kesehatan 6 Tips Pilih Sepatu Lari yang Tepat untuk Pemula dan Pelari Berpengalaman...

6 Tips Pilih Sepatu Lari yang Tepat untuk Pemula dan Pelari Berpengalaman Agar Bebas dari Cedera

0

Liputan6.com, Jakarta – Memilih sepatu lari yang tepat adalah langkah penting bagi para pelari, baik mereka pemula yang baru memasuki dunia lari atau mereka yang telah memiliki pengalaman. Dengan sepatu yang sesuai, tidak hanya kinerja lari meningkat, tetapi juga risiko cedera dapat diminimalkan. 

Menurut beberapa ahli, berikut merupakan beberapa tips saat memilih sepatu lari yang sesuai dengan tubuh dan preferensi kamu.

1. Menentukan Tipe Pelari

Sebelum memilih dan membeli sepatu, hal pertama yang harus diperhatikan adalah di tipe pelari manakah dirimu. Apakah kamu baru seorang pemula atau sudah terbiasa dalam berlari.Hal ini tentu akan berpengaruh dengan jenis dan tipe sepatu yang cocok untuk kamu. 

Bayu Prasetio, seorang Techical Expert dari HOKA Run Club mengatakan, “Ketika sudah nyaman dan menemukan performa (lari) yang didapatkan saat ini, itu dapat mengarahkan ke sepatu yang memang sesuai dengan levelnya,” ujarnya dalam acara Opening HOKA Flylab di Jakarta (24/5/2024).

Biasanya terdapat 2 tipe sepatu lari, yaitu untuk para pelari berpengalaman dan pelari pemula.

Bagi para pelari yang sudah terbiasa dengan rutinitas lari, memilih sepatu yang tepat menjadi kunci untuk meningkatkan performa dan meminimalisir risiko cedera.

Sepatu lari untuk pelari berpengalaman umumnya memiliki desain yang lebih ringan dan responsif

Gery Halim, seorang Brand Marketing Divison Manager MAP dari produk sepatu lari HOKA menjelaskan bahwa sepatu yang cocok untuk pelari berpengalaman adalah sepatu yang dapat memberikan energy return terbaik. 

Jenis sepatu seperti itu akan sangat baik untuk pelari yang suka berlari cepat dan menargetkan pace yang jauh.

Source link

Exit mobile version