Home Olahraga Cerita Royke Lumowa Bersepeda Setahun dari Jakarta ke Paris Demi Dukung Indonesia...

Cerita Royke Lumowa Bersepeda Setahun dari Jakarta ke Paris Demi Dukung Indonesia di Olimpiade 2024

0

Liputan6.com, Jakarta- Mantan Dirlantas Polda Metro Jaya Irjen Pol (Purn) Royke Lumowa memberikan dukungan kepada kontingen Indonesia di Olimpiade 2024 dengan cara unik dan spesial. Royke bersepeda dari Jakarta ke Paris sekitar setahun sehingga tiba tepat saat Olimpiade 2024 berlangsung.

Royke menghabiskan waktu 387 hari atau 1 tahun 21 hari untuk sampai di Paris. Royke yang juga mantan Kapolda Sulawesi Utara itu menempuh jarak 20.620,87 kilometer dan melintasi 44 negara dari 2 benua, Asia dan Eropa dengan mengusung misi “Cycling Anywhere to Save the Earth” lewat bersepeda.

Ada 44 negara yang dilewati Royke selama bersepeda ke Paris. Mulai dari Singapura, Thailand, China, Nepal, India, Pakistan, Iran, Tibet, Belanda, Spanyol, Denmark, Swiss, Belgia, Andorra, Liechtenstein, Italia, Spanyol, Inggris hingga finis di Prancis.

“Ini bukan lagi mimpi, melainkan kenyataan. Kenyataan ini membuat hati saya begitu bahagia. Saya ingin ekspresikan pencapaian ini dengan melompat kegirangan dan menangis seraya berterima kasih kepada Tuhan atas perlindunganNYA,” kata Royke.

Royke menyelesaikan petualangannya di Club France, Grande Halle de la Villette. Disana dia disambut Presiden Komite Olimpiade (NOC) Perancis David Lappartient yang juga Presiden Union Cycling International (UCI).

Dalam penyabutan tersebut juga hadir Duta Besar Indonesia untuk Prancis Mohamad Oemar, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari, Vice President NOC Prancis, Joseph Pierre Luc Tardif dan perwakilan dari federasi internasional cabang olahraga.

“Aksi bersepeda saya ini untuk ikut menyukseskan Olimpiade 2024 dan mendukung perjuangan atlet Indonesia di Olimpiade Paris yang mana akhirnya sukses merebut dua medali emas. Serta ikut menyukseskan kampanye Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2036,” ucap Royke di Jakarta (12/8/2024).

Source link

Exit mobile version