Home Otomotif Wuling Mulai Pertimbangkan MPV Listrik untuk Indonesia

Wuling Mulai Pertimbangkan MPV Listrik untuk Indonesia

0

MPV listrik Wuling

Baru-baru ini model terbaru MPV listrik Wuling meluncur secara resmi di negara asalnya. Dinamai Wuling Hongguang EV, secara dimensi MPV kompak ramah lingkungan tersebut sedikit lebih besar dari Toyota Avanza gen 3.

Meski sudah meluncur di China, Wuling Motors Indonesia selaku agen pemegang merek pabrikan otomotif berlogo lima berlian di Tanah Air itu masih mempertimbangkan untuk menghadirkan MPV listrik tersebut.

“Memang market paling besarnya di Indonesia adalah MPV. Bicara MPV listrik, model ini secara segmen akan terus tumbuh. Tapi Wuling masih mengambil waktu untuk mereview lagi bagaimana ketersediaan platform kita dan pengembangan produk kita yang ada di headquarter (kantor pusat), yang bisa disesuaikan dengan market di sini,” ujar Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors kepada Autofun Indonesia disela-sela kegiatan Media Drive Wuling Cloud EV,Rabu (14/8).

Lebih lanjut Danang menyatakan, untuk MPV listrik Wuling di Indonesia jika memang akan disediakan maka wajib memperhatikan dari segala aspek.

“MPV listrik untuk pasar Indonesia tetap akan dipertimbangkan. Selain model yang sudah beredar di internet, sebenarnya ada beberapa model lain yang dipersiapkan oleh headquarter baik itu untuk pasar domestiknya dia maupun global,” ungkapnya.

Dikatakan bahwa MPV listrik Wuling yang ada saat ini masih diperuntukan untuk pasar domestik di Tiongkok. Sehingga belum bisa dijanjikan apakan akan rilis juga untuk pasar internasional.

“Kita masih menunggu dan melihat perkembangan, dan sejauh ini yang saya tahu untuk MPV listrik Wuling itu untuk pasar China. Disana secara positioning MPV lisrik merambah ke beberapa model seperti entry level penumpang dan komersial.” katanya

MPV listrik Wuling jika masuk Indonesia belum tentu modelnya sama yang ada di China. Sebab menurut Danang, selera pasar di Tiongkok secara bentuk atau desain kerap tidak cocok dengan market di dalam negeri.

“MPV listrik belum merupakan janji yang pasti, tapi itu pasti sudah masuk dalam pengembangan dan study dari Wuling,” sebut dia.

Baca juga: BYD M6 Jadi Langkah Awal Mobil Listrik MPV Gak Perlu Mahal, Apa Resepnya?

Penjualan Mobil EV Terus Meningkat, MPV Listrik Wuling Berpotensi Dijual di Indonesia

Wuling Journey EV

Pasar mobil listrik di Tanah Air kini semakin dinamis. Sebagai salah satu pionir kendaraan listrik di Indonesia, saat ini Wuling Indonesia memiliki tiga produk mobil listrik yang merupakan bagian dari Wuling EV ABC Stories.

Adapun model kendaraan listrik bagian dari Wuling EV ABC Stories yakni; Air ev, Binguo EV dan terbaru Cloud EV.

“Cloud EV setelah diluncurkan pada Mei 2024 tumbuh sangat cepat sekali, sampai dengan saat ini terjual kurang lebih 2.000 unit. Ini sebagai penanda yang baik. Ketika tren ini sudah naik, tentu kita akan merambah segmen lain untuk pasar EV. Namun untuk sekarang ini kita masih fokus terhadap Wuling EV ABC Stories,” kata Brian Gomgom, PR Manager Wuling Motors.

Sebagai informasi, sepanjang pameran GIIAS 2024 kemarin mobil listrik Wuling mengalami penjualan terbanyak ketimbang produknya yang bermesin Internal Combustion Engine (ICE). 

“Wuling menjadi top of mind dari masyarakat. Ini terbukti dari GIIAS 2024 kemarin, dimana untuk penjualan Wuling secara SPK mencapai 2301, dan 75 persen disumbangkan dari Wuling EV ABC Stories. Ini menandakan bahwa tren kendaraan saat ini perlahan sudah bergeser ke arah elektrifikasi,” bebernya.

Baca juga: Wuling Siapkan MPV Listrik Seharga Confero, Ada Varian Blind Van Juga Buat Kalahin Gran Max

MPV Listrik Wuling di China Bisa Menempuh Jarak Sejauh 300 Kilometer

Tampilan belakang Wuling Hongguang EV 2024

Mobil listrik Wuling Hongguang EV yang baru-baru ini diluncurkan di China memiliki desain dengan perpaduan antara kotak dan membulat. Dilansir dari Carnewschina, sebenarnya Hongguang bukan cuma sekedar MPV listrik.

Wuling juga menghadirkannya dalam bentuk mesin ICE dan Extended Range Electric Vehicle (EREV). Pada model listrik, di bagian fasad tampak begitu ‘clean’ dengan gril tertutup serta lambang Wuling di tengah.

Melihat sisi buritan, mobil ini menampilkan kesan minimalis dengan disematkannya stoplamp yang disusun secara vertikal.

Belum terdapat informasi detail mengenai spesifikasi motor listrik serta kapasitas baterai yang digunakan. Namun tertulis bahwa Hongguang EV terbaru tetap menggunakan baterai jenis LFP dengan daya jelajah sejauh 300 kilometer.

Baca juga: Maxus Rilis MPV Listrik yang Lebih Murah dari Toyota Innova Zenix

Source link

Exit mobile version