Home Otomotif Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Chery Omoda E5 Buat Pelesiran Tapi Gak Perlu...

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Chery Omoda E5 Buat Pelesiran Tapi Gak Perlu Mikirin Bensin

0

rekomendasi mobil keluarga 2024 chery omoda e5

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024 untuk kategori Ready for Road Trip kali ini memang cukup istimewa. Karena inilah tahun pertama Autofun memilih mana mobil-mobil terbaik yang sudah di jual di Indonesia, yang asik dipakai perjalanan jarak jauh, tapi berjenis EV!

Ya, sebab mulai penyelenggaraan Autofun dan iCar Asia Rekomendasi Mobil Keluarga 2024, tim redaksi kami tidak hanya mengkurasi mobil-mobil pilihan yang tipe kendaraan ICE dan Hybrid (HEV), namun juga mulai mempertimbangkan mengenai mobil listrik berbasis baterai (BEV).

Dan khusus kategori yang satu ini, kami memilih kendaraan listrik yang bukan cuma nyaman buat melakoni aktivitas harian, namun juga tetap tangguh dipakai buat perjalanan jauh. Adalah Chery Omoda E5, sebuah SUV EV yang memiliki fleksibilitas berkendara paling tepat untuk kebutuhan tersebut.

Berjenis SUV EV, mobil listrik Omoda E5 memang menyajikan pengalaman berkendara lebih baik ketimbang BEV lain berjenis city car atau sedan. Postur tubuhnya yang jangkung berkat ground clearance mencapai 180 mm, tentunya memudahkan pengemudi untuk bisa melalui kondisi kontur jalan yang lebih beragam.

Tapi apakah cuma itu yang membuat Chery Omoda E5 berhak menyandang Rekomendasi Mobil Keluarga 2024 di debut tahun pertamanya di Indonesia? Tentu tidak!

Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik 2024 Versi Autofun: Mulai dari Bintangnya Anak Muda Hingga SUV Trendy Masa Depan

Jarak Tempuh Baterai Panjang dan Bisa Berbagi dengan Perangkat Elektronik

Tawarkan fleksibilitas berkendara jarak jauh

Dengan panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.588 mm, dan wheelbase 2.630 mm, Chery Omoda 5 versi EV ini memiliki dimensi serupa dengan varian mesin konvensional. Hanya saja secara tampilan itu memiliki banyak perbedaan dibanding saudara kandungnya yang masih membutuhkan BBM.

Antara lain di bagian eksterior, Omoda E5 tampilan tanpa gril seperti halnya Omoda 5, Kemudian kabinnya juga menawarkan pilihanw arna full black atau biru kombinasi putih. Lantas head unit 24,6 inci model floating yang ada di arae dashboard juga dibekali fitur Car KLink O. 

Teknologi tersebut memungkinkan pengguna menggunakan smartphone mereka untuk mengontrol berbagai aspek kendaraan. Melalui Car Link O, pengguna Omoda E5 dapat dengan mudah mengakses informasi seperti Battery Health Care, Chery Safety Care, Smart Charging, Climate Control, dan Driving Behavior Report.

Baterainya ada di bawah mobil

Untuk sumber tenaganya, Omoda E5 menggunakan baterai Lithium Iron Phosphate berkapasitas 61 kWh, yang diklaim mampu menempuh jarak hingga 450 km dalam sekali ngecas. 

Baterai tersebut dipasang untuk menggerakkan motor listrik penggerak tunggal berdaya 165 kW (224 PS) dengan torsi 400 Nm. Berbekal baterai dan motor electric tersebut, Omoda E5 diklaim mampu melakukan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 7,8 detik. 

Dalam hal pengisian daya, Omoda E5 hanya membutuhkan 35 menit untuk pengecasan pada kondisi baterai 30% sampai 80% dengan menggunakan pengisian daya cepat (DC Fast Charging). Perihal daya tempuh baterai ini pun kami pernah menguji mobil listrik Omoda E5 perjalanan darat dari Jakarta menuju Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk kemudian finish di Sirkuit Mandalika.

Motor listriknya juga cukup kuat untuk dipakai perjalanan jauh

Dengan total jarak yang ditempuh sepanjang 1.375 Kilometer (km), mobil ini tercatat hanya melakukan 5 kali pengisian daya baterai. Itu pun saat tiba di Lombok dari pengisian baterai terakhir di Situbondo, kondisi baterai memperlihatkan masih 42%, setelah menempuh perjalanan 178 km.

Kalau dikonversi dengan rupiah, total perjalanan kali ini membutuhkan biaya ngecas hanya Rp 477.647 saja. Kalau diakumulasikan dengan kendaraan bermesin bakar internal (Internal Combustion Engine  / ICE) berbahan bakar gasoline, jelas biaya ngecas baterai mobil listrik jauh lebih hemat ketimbang isi bensin jenis RON92 yang paling murah di kisaran Rp 12.000/liter.

Menariknya lagi, mobil ini telah mendapat dukungan Vehicle to Load (V2L). Teknologi tersebut memungkinkan Omoda ae5 dapat menjadi sumber energi portabel untuk menyalakan beragam perangkat elektronik saat berada di luar rumah atau sedang berpergian.

Misalnya kalian bisa menyalakan kompor listrik, lampu camping, sampai mengaktifkan coffee maker, cukup dengan mencolokkan kabel perangkat elektronik tersebut ke soket V2L yang sudah disediakan.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Wuling Cloud EV Tetap Nyaman Buat Berpergian ke Luar Kota

Fitur ADAS Lengkap Tak Khawatir Diperjalanan

Monitor besar dengan berbagai indikator fungsi kendaraan

Omoda E5 dibekali sederet fitur keselamatan aktif yang canggih untuk mencegah dan memitigasi kecelakaan. Terdapat 17 fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS) tersemat di dalam Omoda E5 guna memberikan keamanan dan keselamatan selama berkendara. Fitur tersebut antara lain mencakup: 

  • Autonomous Emergency Brake (AEB)
  • Drive Away Warning (DAW)
  • Rear Cross Traffic Alert (RTA)
  • Integrated Cruise Assist (ICA)
  • Traffic Jam Assist (TJA)
  • Front Collision Warning (FCW)
  • Blind Spot Warning (BSW)
  • Emergency Lane Keeping (ELK)
  • Lane Departure Prevention (LDP)
  • Adaptive Cruise Control (ACC)
  • Lane Departure Warning (LDW)
  • Lane Keeping Assist (LKA)

Inovasi futuristik yang ditampilkan, mobil ini dibekali 540 derajat Panoramic Camera yang memberikan visibilitas menyeluruh, membantu pengemudi saat parkir, bermanuver di ruang sempit, bahkan meningkatkan keselamatan di jalan.

Ada sunroof juga jadi nilai tambah

Omoda E5 dibekali head unit 24,6 inci Snapdragon Cockpit Platform Gen 3, SA 8155, perangkat yang akan memfasilitasi perluasan fungsi kendali dengan kecerdasan dan kenyamanan tinggi yang juga berfungsi pada entertainment system dan kelancaran dalam mengoperasikan navigasi, multimedia player, dan konektivitas smartphone dengan Android Auto dan Apple Carplay.

Untuk head unit yang digunakan mampu menghasilkan kualitas suara tingkat atas berkat dipadukannya audio atau speaker garapan Sony.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Hyundai Stargazer MPV yang Manjakan Keluarga

SUV EV Paling Murah di Kelasnya

Tampilan futuristik

Hal menarik berikutnya mengapa Chery Omoda E5 layak diberi kelar Rekomendasi Mobil Keluarga 2024 adalah perihal harga. Chery mematok harga mobil listrik Omoda E5 lebih terjangkau dibanding mobil listrik lain berjenis SUV.

Saat ini ada dua varian Omoda E5 yang ditawarkan, yaitu Omoda E5 Pure yang harganya Rp 419,8 juta, dan Omoda E5 seharga Rp 498,8 juta. Sementara harga SUV EV lainnya paling murah ada di level Rp 700 jutaan. Sementara ada juga yang tembus hingga lebih dari Rp 1 miliar.

Mungkin akibat harga yang lebih terjangkau ini pula, pada Mei 2024, Gaikindo mencatat jika wholesales dari Omoda E5 sanggup merebut mahkota juara dari Wuling Cloud EV. Hal ini lantaran PT Chery Sales Indonesia (CSI) mampu mendistribusikan 755 unit Omoda E5, sementara Wuling Motors cuma mendistribusikan Cloud EV sebanyak 452 unit.

Source link

Exit mobile version