Home Otomotif Mitsubishi Fuso eCanter Dinilai Berikan Solusi Kendaraan Komersial yang Ramah Lingkungan

Mitsubishi Fuso eCanter Dinilai Berikan Solusi Kendaraan Komersial yang Ramah Lingkungan

0

Mitsubishi Fuso eCanter Dinilai Berikan Solusi Kendaraan Komersial yang Ramah Lingkungan 01

Mitsubishi Fuso eCanter saat ini tercatat sebagai kendaraan truk listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle) pertama yang sudah dijual massal di Indonesia. Sebagai pionir, tentunya langkah Mitsubishi Fuso mendapat banyak apresiasi dari berbagai kalangan.

Kita tentu paham benar bagaimana kondisi kendaraan komersial di Indonesia seperti mobil pick up, truk, dan bus. Sebagian besar dari kendaraan-kendaraan ini, seperti menjadi penyumbang polusi udara terbesar di negara ini.

Contohnya bisa kalian lihat dari kepulan asap hitam yang kerap kali muncul dari truk-turk ukuran besar maupun bus-bus lintas provinsi. Namun kondisi tersebut jauh berbeda ketika muncul sosok Fuso eCanter.

Berbekal teknologi baterai dan motor listrik sebagai sumber tenaga utamanya untuk menggerakkan kendaraan, maka tak lagi bisa ditemu asap dari sisa hasil pembakaran mesin truk tersebut. Inovasi teknologi ini pun dianggap sebagai solusi untuk menghadirkan kendaraan komersial yang jauh lebih ramah lingkungan.

Raih penghargaan Product Innovation in Commercial Vehicle of The Year 2024

Misalnya yang belum lama ini terjadi, Mitsubishi Fuso eCanter berhasil memperoleh predikat sebagai Product Innovation in Commercial Vehicle of The Year 2024.Padahal kehadirannya terhitung baru dua bulan di Tanah Air.

Gelar produk yang inovatif di kategori kedaraan komersial tersbeut diberikan dalam ajang Marketeers Editor Choice Award (MECA) 2024 yang berlangsung di Jakarta. Pemberian titel baru ini berlaku kepada merek-merek yang terbukti melakukan terobosan kreatif, inovatif, dan berdampak dalam pemasaran selama periode setahun terakhir di Nusantara.

“Kami sangat senang dan mengapresiasi pilihan masyarakat serta penilaian terhadap eCanter. Ini membuktikan bahwa pemahaman produk, strategi pemasaran, serta komunikasi yang kami bangun, tersampaikan dengan baik kepada masyarakat sehingga banyak kalangan yang tahu tentang eCanter,” sebut Sudaryanto selaku General Manager Business Communication PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) melalui keterangan tertulisnya, Kamis (19/9/2024).

Baca juga: Mitsubishi Fuso Luncurkan Truk Listrik eCanter, Begini Spesifikasinya

Truk Listrik Pertama di Dunia dan Indonesia

Rilis di Indonesia saat GIIAS 2024

Mitsubishi Fuso eCanter pertama kali diperkenalkan pada 2017, dan menjadi pioneer truk listrik di dunia. Sejak awal konsep pengembangan, eCanter berhasil mencuri perhatian konsumen khususnya para pengusaha yang memiliki visi untuk menurukan karbon emisi di perusahaannya. 

Walaupun merupakan inovasi baru, namun KTB juga sudah lama ingin memperkenalkan eCanter ke para penggiat bisnis di Tanah Air. Dan ternyata, ketika diperkenalkan, truk listrik ini mendapat sambutan baik serta para pengusaha ingin langsung mencoba mengunakan kendaraan tersebut dalam operasional bisnis mereka. 

Hasilnya, dari semua peserta trial ketika kendaraan ini belum dijual massal, para penggunanya mengungkapkan bahwa eCanter sangat mudah dikendarai, nyaman, dan sangat sesuai untuk bisnis logistik di perkotaan.

Ternyata selain para pengusaha yang sudah mencoba langsung keunggulan eCanter, kendaraan ini juga dinilai sebagai produk yang sangat inovatif dalam menghadirkan solusi kendaraan komersial yang ramah lingkungan oleh MECA 2024. 

Inovasi ini juga dibekali dengan beragam persiapan matang untuk memastikan produk eCanter ini bisa hadir sebagai produk yang cocok untuk pasar. Terobosan ini pun berhasil diamplifikasi lewat sosialisasi dan pemasaran di berbagai platform dan berhasil menjangkau masyarakat secara optimal.

Sehingga tak heran jika gelar Product Innovation in Commercial Vehicle of The Year 2024 layak disandingkan kepada eCanter di usianya yang masih tergolong muda di Indonesia.

Baca juga: Jadi Truk Listrik Pertama di Indonesia, Mitsubishi Fuso eCanter Bisa Mengurangi Biaya Operasional Hingga 40%

Spesifikasi Mitsubishi Fuso eCanter

Solusi ramah lingkungan armada bisnis

Mitsubishi Fuso eCanter diluncurkan melalui ajang GIIAS 2024, sekaligus sebagai truk listrik pertama yang dijual secara resmi di Indonesia.

Kehadiran Fuso eCanter membuktikan komitmen PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) dalam berkontribusi pada lingkungan tanpa harus mengorbankan kinerja kendaraan niaga untuk mendukung operasional bisnis.

Fuso eCanter yang dijual di Indonesia ini pun membawa fitur lengkap, mengingat Mitsubishi Fuso mengimpornya secara utuh (Completely Built Up/CBU) langsung dari Jepang. Sehingga apa saja kelengkapan teknologi dari unti eCanter di Negeri Sakura itu, tidak ada yang dipangkas ketika tiba di Tanah Air.

Antara lain truk listrik pertama di Indonesia ini sudah dilengkapi fitur keselamatan berupa Electronic Stability Program (ESP). Fitur keselamatan ini dapat menstabilkan kendaraan pada saat pengereman di situasi berbahaya sehingga pengemudi dapat tetap mengendalikan kendaraan dan menghindari kecelakaan.

Daya tempuh baterai 140 km

Layaknya mobil pribadi yang memperhatikan keselamatan terhadap pengguna, truk ini turut dilengkapi fitur keselamatan ADAS (Advanced Driver Assistance System), seperti Land Departure Warning System (LDWS).

LDWS berfungsi untuk mengontrol kendaraan yang melaju cepat untuk tetap di jalurnya. Selain itu fitur ini dapat membantu mempertahankan kendali kendaraan dalam situasi mengemudi yang sulit, seperti tikungan tajam atau permukaan jalan yang licin, sehingga mengurangi risiko tergelincir atau terbalik.

Tak ketinggalan Accoustic Vehicle Alert System (AVAS), yang berperan untuk memberi peringatan kepada orang sekitar bahwa kendaraan sedang mendekat, dan tersedia juga Intelligent Headlight Control (IHC) untuk membantu pencahayaan di malam hari yang disesuaikan dengan kebutuhan secara otomatis.

Untuk meningkatkan visibilitas dan keamanan saat parkir, eCanter dilengkapi dengan kaca spion kabin yang terintegrasi dengan kamera belakang. Fitur ini membantu pengemudi dalam memarkir kendaraan dengan aman, mengurangi risiko tabrakan dengan objek atau pejalan kaki di sekitar kendaraan.

Baca juga : Mitsubishi Fuso Pensiunkan Colt Diesel, Rilis 29 Varian Berstandar Euro4

Jarak Tempuh Baterai Mitsubishi Fuso eCanter

Bisa tekan biaya operasional bulanan

eCanter memiliki baterai ukuran M berkapasitas 83 kWh yang mampu menempuh jarak 140 km dalam sekali isi daya. Truk listrik ini hadir dengan panjang wheelbase 3,4 meter Gross Vehicle Weight (GVW) sebesar 6 ton. 

Motor listrik yang digunakan sanggup menghasilkan daya puncak sebesar 150 PS dengan torsi maksimum 430 Nm. Torsi yang cukup besar ini cocok untuk mengangkut muatan dengan volume maksimal.

Dengan menggunakan pengisian normal charging bertegangan 7 kW, lama pengecasan membutuhkan 11-12 jam dari 0-100%. Beda halnya apabila memanfaatkan pengisian daya fast charging 25 kW, pengecasan dari 0-100% kurang lebih memakan waktu 3 jam.

Sekarang memang keterbatasan kapasitas baterai, jarak tempuhnya hanya 140 km. Namun di prinsipal kami sudah ada opsi yang memberikan jarak tempuh lebih jauh lagi sekitar 200-250 km, tapi memang kebutuhan konsumen untuk logistik area Jabodetabek di angka 140 kilometer sudah cukup. Kedepannya bisa saja kita datangkan memenuhi kebutuhan konsumen,” jelas Bayu Aprizal, General Manager of Product Strategy Unit KTB.

Baca juga: Mitsubishi Fuso Yakin Truk Listrik eCanter Bisa Naikkan Cuan Pengusaha Indonesia

Ada Garansi 6 Tahun dan Servis Gratis 5 Tahun

Disiapkan juga layanan purna jualnya

Penjualan eCanter akan difokuskan di area JABODETABEK melalui tiga dealer resmi Mitsubishi Fuso: PT. Dipo Internasional Pahala Otomotif, PT. Srikandi Diamond Motor, dan PT. Sun Star Motor. 
Untuk pembelian Mitsubishi eCanter dilengkapi dengan garansi hingga 6 tahun atau 180.000 km dan layanan servis gratis selama 5 tahun.

Mitsubishi Fuso menyediakan layanan perbaikan kabin dan chassis, serta Bengkel Siaga 24 Jam. Layanan ini memastikan truk beroperasi tanpa henti dan tersedia di 17 lokasi strategis di seluruh Indonesia.

Mitsubishi Fuso juga memimpin dalam digitalisasi dengan aplikasi Runner dan MyFUSO. Aplikasi ini memudahkan konsumen memonitor armada kendaraan secara real-time dan  mengelola perawatan kendaraan.  Fitur-fitur ini membantu bisnis transportasi mengurangi downtime dan meningkatkan efisiensi operasional.

Source link

Exit mobile version