Home Otomotif All New Hyundai Santa FE 2024 Bersiap Meluncur di Indonesia, Begini Keunggulannya

All New Hyundai Santa FE 2024 Bersiap Meluncur di Indonesia, Begini Keunggulannya

0

All New Hyundai Santa Fe 2024

All New Hyundai Santa Fe 2024 dipastikan akan rilis secara resmi di Indonesia pada Oktober mendatang. Kehadiran generasi kelima Santa FE di Tanah Air diperkuat dengan adanya postingan melalui story akun Instagram @hyundaimotorindonesia.

Di dalam video unggahan beberapa detik tersebut menampilkan sketsa gambar sejarah perjalanan Santa FE di Indonesia serta tampilan depan All New Sante FE dengan tulisan Available Soon (segera tersedia, red) di bagian atas mobil, yang dilanjutkan dengan October 2024.

Kabar mengenai hadirnya generasi terbaru Santa FE memang sudah banyak beredar beberapa bulan belakangan. Terlebih belum lama ini Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Fransiscus Soerjopranoto menyatakan akan meluncurkan salah satu produk terbarunya yang mengusung teknologi hybrid.

Namun ketika ditanya lebih lanjut mengenai apa produk yang akan diluncurkan, dirinya lebih memilih untuk diam.

Baca juga: Mau Rilis All New Santa Fe 2024, Hyundai Bersyukur Tak Jadi Ada Insentif Mobil Hybrid

Harga NJKB All New Hyundai Santa Fe 2024 Tertulis Mulai dari Rp425 Juta

Harga All New Hyundai Santa Fe 2024 tercantum dalam data NJKB

Nama All New Hyundai Santa Fe 2024 tercantum dengan jelas di dalam data NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) daerah pemerintahan provinsi DKI Jakarta. Untuk harga nilai jual yang dicantumkan mulai dari Rp425 juta sampai dengan Rp445 juta.

  • NSNTAFEG2.5 2ATPRIME Rp425.000.000
  • NSNTAFEG2.5 2ACLGRPY Rp432.000.000
  • NSNTFEG16THEV2ACGRPY Rp445.000.000

Perlu diketahui bahwa harga yang tertulis belum termasuk dengan pajak serta biaya administrasi lainnya.

Bila melihat kode untuk dua varian dari harga paling murah, All New Santa Fe 2024 yang akan meluncur di Indonesia pada bulan depan menggunakan mesin bensin 2.5L turbo, sedangkan tipe teratasnya dipersenjatai mesin bensin 1.6L turbo dengan teknologi hybrid.

Secara global, generasi kelima Santa Fe ditawarkan denga tiga pilihan mesin, yakni; bensin 2.5L turbo, bensin 1.6L turbo HEV dan 1.6L turbo PHEV yang baru dipasarkan hanya untuk negara di Eropa.

Untuk varian 2.5L turbo, mobil ini dipersenjatai mesin berkapasitas 2.497 cc TGDi dengan perolehan teanaga tenaga 280 PS di 5.800 rpm dengan torsi puncak 421 Nm di 1.700-4.000 rpm.

Selanjutnya untuk 1.6L turbo HEV mengandalkan mesin  1.598 cc T-GDi Hybrid yang menghasilkan tenaga 160 PS di 5.500 rpm serta torsi maksimum 264 Nm pada putaran 1.500-3.500 rpm. Untuk varian hybrid ini dipadukan motor listrik yang memberikan tambahan tenaga 66 PS dengan torsi 264 Nm.

Guna menggerakan motor listriknya mendapat asupan daya dari baterai Lithium-Ion berkapasitas 1.49 kWh.

Spesifikasi Mesin All New Hyundai Santa Fe 2024
  2.5L Turbo 1.6L Hybrid
Tipe mesin 2.5L Turbo GDI MPI 1.6L Turbo GDI Hybrid
Kapasitas silinder 2.497 cc 1.598 cc
Jumlah silinder 4 4
Daya maksimum 280 PS @5.800 rpm 180 PS @6.100 rpm
Torsi maksimum 421 Nm @1.700-4.000 rpm 264 Nm @4.000 rpm
Daya motor listrik 66 PS
Torsi motor listrik 264 Nm
Tipe baterai Lithium Ion
Kapasitas baterai 1.49 kWh

All New Hyundai Santa Fe 2024 Hadir dengan Tampilan Boxy

Tampilan luar All New Santa Fe

Dibandingkan dengan generasi keempat, All New Hyundai Santa Fe 2024 hadir dengan tampilan yang sangat jauh berbeda. Jika sebelumnya banyak menampilkan desain dengan lekukan membulat, pada generasi kelimanya mengimplementasikan garis tegas dan kotak.

All New Santa Fe sendiri banyak menerapkan elemen bernuansa huruf “H” sebagai ikoniknya. Ini terlihat daripada headlamp berbentuk H dipadukan LED bar. Begitupun pada bumper depannya yang jika diperhatikan lebih detail juga menyeruopi huruf H.

Melihat bagian sampingnya mulai dari over vender sera lekukan pintu bagasinya diimpelemntasikan garis tegas. Pada bagian buritan, pintu bagasinya terlihat lebar dengan minim lekukan bodi dengan adanya garis tegas di bagian tengah.

Tampilan belakang All New Santa Fe 2024

Untuk stoplampnya diletakan di bawah berdekatan dengan bumper, yang mana benrutknya menyerupai huruf H ketika menyala.

Interior Mewah dan Terasa Lega

Interior membawa kesan mewah dan lapang

Generasi kelima Santa Fe hadir dengan desain kotak sebenarnya bukanlah tanpa sebab. Selain ingin menampilkan kesan futuristik, dengan desain kotak juga memberikan nuansa kabin terasa lebih luas.

Benar memang jika melihat dari gambar nuansa kabinnya kini terkesan lebih luas bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Area dashboardnya juga terlihat lebih lapang berkat bentuknya yang dibuat datar tanpa adanya banyak lekukan serta lebar, dengan desain yang dibuat bertingkat.

Tampak mewah dan canggih, di belakang lingkar kemudinya terdapat meter cluster full digital berukuran 12,3 inci yang menyajikan beragam informasi berkendara secara informatif. Pusat informasi berkendara dengan tampilan floating tersebut dibuat menyambung dengan head unit berukuran sama.

Sistem hiburannya selain mendukung smartphone connectiviy juga dapat menampilan fitur navigasi serta Surround View Monitor (SVM). Oh iya, All New Santa Fe mendapatkan fitur Head Up Display 12 inci yang memudahkan pengguna ketika ingin mendapatkan informasi secara lebih mudah.

Terasa ergonomis, mobil ini memiliki console tengah yang dibuat mengambang dengan minim tombol pengaturan. Tampil mewah untuk pengaturan AC-nya menggunakan tampilan digital dengan pengaturan dual zone.

Di bawah pengaturan AC terdapat colokan USB type-C dengan dua wirless charging yang dapat dimanfaatkan untuk mengecas smartphone yang bagian bawahnya disediakan ruang penyimpanan ekstra.

Baca juga: All New Hyundai Santa Fe 2024 Berubah Total, Interiornya Pakai Material Daur Ulang

Jok baris kedua dan ketiga dapat dilipat rata dengan lantai

Menggunakan material ramah lingkungan, joknya dipadukan dengan bahan suede dari bahan plastik daur ulang, serta trim pintu yang terbuat dari kulit imitasi. Kursi pada baris pertamanya dilengkapi heater dan ventilated seat yang memberikan kenyamanan selama berkendara.  

Di varian teratas All New Sante Fe dilengkapi panoramic sunroof yang dapat meningkatkan gaya berkendara sekaligus memberikan nuansa kabin terasa lebih luas.

Memberikan kemudahan akomodasi ketika sedang membawa barang banyak atau camping bersama keluarga, jok penumpang tengah dan belakangnya dapat dilipat rata dengan lantai kabin sehingga menciptakan ruang kargo yang lapang.

Kemudian jok baris kedua dan ketiga juga bisa dilipat rata dengan lantai kabin sehingga menciptakan ruang kargo yang lapang. Sebagai salah satu bentuk kenyamanan lainnya, untuk jok bari kedua tersedia model captain seat, serta baris ketiga yang dilengkapi tombol pengaturan AC individu.

Fitur Keselamatan dengan Hyundai SmartSense

Generasi kelima Santa Fe dilengkapi Hyundai SmartSense yang semakin lengkap 

Sebagai SUV premium, generasi kelima Santa Fe dibekali dengan beragam fitur keselamatan aktif maupun aktif yang terbilang sangat lengkap. Adapun fitur yang ada pada mobil ini meliputi;

  • 10 Airbags
  • Seatbelt with Pretensioner and load limiter for all seat
  • Active head restraints
  • Power window lock-out button
  • Rear child safety locks
  • Lane Following Assist 2 (LFA2)
  • Blind-Spot Collision Warning
  • Anti-lock Braking System (ABS)
  • Electronic Stability Control (ESC)
  • Traction Control (TC)
  • Vehicle Stability Management (VSM)
  • Tire Pressure Monitoring System (TPMS)
  • Adaptive Cruise Control (ACC)

Selain itu juga terdapat fitur keselamatan ADAS berupa Hyundai SmartSense yang diantaranya;

  • Forward Collision-Avoidance Assist (FCA)
  • Lane Keeping Assist (LKA)
  • Driver Attention Warning
  • High Beam Assist (HBA)
  • Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA)
  • Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA)
  • Safe Exit Assist (SEA)
  • Ultrasonic Rear Occupant Alert (UROA)
  • Rear Occupant Alert (ROA)
  • Parking Distance Warning – Forward/Reverse (PDW-F/R)
  • Parking Collision-Avoidance Assist – Reverse (PCA-R)
  • Blind View Monitor (BVM)
  • Remote Smart Parking Assist (RSPA)
  • Forward Collision-Avoidance Assist (FCAA)
  • Highway Driving Assist II (HDA II)

Sebagai informasi tambahan, untuk varian hybrid dilengkapi dengan e-Comfort Drive dan e-Dynamic Drive yang dapat memberikan kenyamanan berkendara secara lebih.

Baca juga: Hyundai Santa Fe PHEV Siap Gantikan Varian Bermesin Bensin dan Diesel, Tantang Mitsubishi Outlander PHEV

Source link

Exit mobile version