Home Otomotif Sebelum ke Indonesia, MPV Listrik Mewah Zeekr 009 Mendarat di Thailand

Sebelum ke Indonesia, MPV Listrik Mewah Zeekr 009 Mendarat di Thailand

0

Sebelum ke Indonesia, MPV Listrik Mewah Zeekr 009 Mendarat di Thailand 01

Tren kendaraan listrik kini sedang mewabah di pasar otomotif Thailand. Hal inilah yang membuat merek otomotif mobil listrik premium, Zeekr, mengumumkan peluncuran Zeekr 009 di negeri Gajah Putih tersebut. 

Zeekr 009 diklaim sebagai mobil listrik bergaya Multi Purpose Vehicle (MPV) yang menyasar segmen luxury, yang memadukan kemewahan kelas satu yang terbaik, ditambah inovasi cerdas, serta memiliki keunggulan dalam hal performa, serta hadir dengan teknologi keselamatan maksimal. 

Terlebih lagi, selain mobil double cabin yang memiliki banyak penggemar, mobil listrik di Thailand disebut-sebut popularitasnya semakin meningkat. Demikian juga dengan pasar mobil MPV, dimana banyak konsumen di Thailand kini menggemari segmen tersebut, karena dianggap lebih serbaguna lantaran punya kabin luas.

Baca juga: Zeekr Resmi Masuk Indonesia, Bakal Ada 2 Model Mobil Listrik Baru

President of Southeast Asia Zeekr, Alex Bao Zhuangfei resmi meluncurkan Zeekr 009 di Thailand

Menurut President of Southeast Asia Zeekr, Alex Bao Zhuangfei, alasan Zeekr 009 hadir di Thailand tak lepas dari adanya revolusi konsep perjalanan di era baru dunia otomotif yang menghadirkan kebahagian bagi setiap penggunanya. 

“Kali ini kami meluncurkan Zeekr 009, sebuah MPV 100 persen bertenaga 100 listrik yang akan merevolusi konsep perjalanan di era baru yang berfokus pada penciptaan kebahagiaan bagi setiap penggunanya,” ungkap Alex dalam keteranganya. 

Dia juga menyebutkan, jika Zeekr 009 merupakan sebuah mobil listrik yang mengusung konsep Every Journey Shines atau bisa juga disebut di setiap perjalanan akan selalu bersinar, sehingga akan memberikan pengalaman yang baik dan menyenangkan selama berkendara. 

Jika Thailand sudah meluncur, maka kabar yang beredar adalah pabrikan otomotif listrik China tersebut juga akan meluncurkan nya di pasar otomotif Indonesia, dalam waktu dekat. 

Baca juga: Kenalin Nih Zeekr 001 2023, Mobil Listrik yang Bisa Tempuh Jakarta-Solo PP Tanpa Ngecas

Tampang depan 009

Seperti diketahui, Zeekr 009 juga dikabarkan akan segera masuk Indonesia. Untuk detailnya belum bisa dijabarkan, tapi jika melihat spesifikasi di Thailand sepertinya tidak akan jauh berbeda. Untuk mengetahui jeroannya berikut ulasannya.

Kehebatan Zeekr 009

Jika melihat Zeekr 009, mobil ini sekilas memiliki bentuk layaknya sebuah mobil MPV Luxury, yaitu Toyota Alphard, yang juga jadi mobil premium langganan kaum kaya raya, mulai dari selebritis, pengusaha hingga pejabat negara.

Namun, karena mobil MPV ini 100 persen berteknologi listrik, maka Alphard tak bisa dianggap rival, melainkan pesaingnya adalah Maxus 9. 

Baca juga: Gak Butuh Bensin dan Lebih Keren dari Toyota Alphard, Geely Zeekr 009 Meluncur Awal November Mendatang

Eksterior Elegan

Sekilas wujudnya akan menyaingi Alphard

Secara tampilan, Zeekr 009 ini memang terlihat sangat elegan, dimana body cukup besar dengan panjang 5.217 mm, lebar 2.024 dan tinggi 1.848 mm dan jarak sumbu roda 3.205 mm. Dengan ukuran tersebut, Alphard justru jadi terkesan lebih kecil. 

009 juga memiliki Ground Clearance setinggi 122 mm, sehingga akses untuk masuk lebih mudah, dan juga tak akan terasa limbung. 

Mobil ini memiliki tampang cukup modern dan futuristik, seperti pada fascia depan terdapat pengganti grill berupa garis-garis vertikal, serta lampu DRL berbentuk huruf ‘n’ kecil.

Ditambah lagi pada lampu-lampu yang posisinya ada di kanan-kiri sudah menggunakan LED. Demikian juga pada bagian belakang sudah menggunakan lampu LED dengan panjang 1,47 meter, sehingga memberikan kesan gaya dan berani.

Interior Layaknya Sebuah Maskapai Mewah

Tampang lingkar kemud

Zeekr 009 ini diklaim telah dirancang agar dapat memberikan pengalaman yang memuaskan agar memberikan fasilitas kelas atas. 

Hal ini dikarenakan banyak bagian yang amat canggih, seperti halnya sebuah layer sentuh OLED dengan ukuran 15,05 inci, dan tampilan head-up virtual AR-HUD 35,95 inci.

Untuk penumpang belakang, layar sentuh OLED berukuran 17 inci sehingga meningkatkan pengalaman berkendara dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8295.

Agar suara yang dihasilkan lebih maksimal selama perjalanan, maka system audionya menggunakan Surround Sound System dari Yamaha yang jumlah nya mencapai 30 speaker.

Interior baris kedua

Pasalnya, kursi penumpang yang ada di baris kedua dilengkapi sebuah jok ala captain seat lengkap dengan meja lipat. Namun bentuk lebih mewah, lantaran posisinya bisa disesuaikan hanya dengan menekan sebuah tombol,

Jok ini 009 ini juga sangat lembut karena dilapisi bahan kulit Nappa yang dikenal memiliki kualitas tinggi, sehingga akan memberikan rasa nyaman pada pengemudi maupun penumpang.Belum lagi jok mobil ini sudah dilengkapi Heated and Ventilated.

Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan dua atap Panoramic Sunroof pada bagian depan dan belakang, sehingga kesan mewah semakin terasa di dalam kabin.

Fitur Keselamatan Lengkap Milik Zeekr 009

Tampang seluruh kabin 009

Mobil sudah dipastikan memiliki sabuk keselamatan, dan juga airbag yang berada di tujuh titik mulai dari depan, samping maupun bagian belakang. 

Namun beberapa fitur keselamatan lainnya yang ada pada mobil ini diantaranya adalah:

  • 1 mm Wave radar
  • 7 8MP cameras
  • 4 2MP cameras
  • 12 sensors
  • Front Cross Traffic Alert
  • Traffic Sign Information
  • Front and Rear Parking Assist
  • Rear Cross Traffic Alert
  • Parking Emergency Brake
  • Autonomous parking
  • Remote parking assist
  • Automatic preventive breaking
  • High Beam Assist
  • Lane Departure Warning
  • Lane Center Assist
  • Forward and Rear Collision Warning

Performa Mesin Tangguh, Jarak Tempuh Jauh

Mesin dan penggerak 009

Untuk jantung pacu, Zeekr 009 ini sudah dilengkapi sistem penggerak semua roda alias All Wheel Drive (AWD) dengan baterai lithium-ion berdaya 116 kWh dan juga pilihan lainnya 140 kWh.

Baterai 116 kWh diklaim mampu menempuh jarak hingga 702 km untuk metode (CLTC), sedangkan varian 140 kWh bisa mencapai 822 kWh. 

Adapun tenaga yang dimiliki pada mobil ini bisa mencapai 400 kW dan torsinya tembus 686 Nm, dan sanggup berakselerasi dari 0-100 km dengan Waktu 4,5 detik, dan kecepatan maksimal tembus 190 km per jam. 

Jika baterai dicas menggunakan DC Charging, maka dari 10-80 persen, waktunya hanya 28 menit. 

Oia, performa mesin ini ditunjang dengan ayunan suspensi yang digunakan, yaitu menggunakan suspensi double wishbone multi-link independent, air suspension, ditambah CCD electromagnetic damping sehingga mengurangi getaran di dalam kabin.

Harga Bersaing dengan Toyota Alphard

Harga Zeekr 009 di Thailand

Oia, di pasar otomotif China, 009 ini memiliki konfigurasi empat orang penumpang, sehingga dengan body yang sangat besar, namun dalamnya akan terasa lega.

Hanya saja, kabar yang beredar untuk pasar Indonesia, mobil ini akan dibawa dengan kapasitas 6-7 penumpang, yang artinya tetap memiliki tiga baris, dimana baris kedua tetap mengusung desain captain seat. 

Sementara di Thailand, Zeekr 009 dengan kapasitas 6 penumpang dibanderol hingga 3.099.000 Baht atau sekitar Rp1,42 miliar.

Kalau masih Indonesia kira-kira harganya berapa ya?

Source link

Exit mobile version