Home Otomotif Modal Zeekr untuk Sasar Pasar Mobil Listrik Premium di Indonesia

Modal Zeekr untuk Sasar Pasar Mobil Listrik Premium di Indonesia

0

Modal Zeekr untuk Sasar Pasar Mobil Listrik Premium di Indonesia 01

Pasar mobil listrik di Indonesia semakin melebar, setelah kehadiran merek mobil Tiongkok, Zeekr yang mengukuhkan diri sebagai kendaraan listrik luxury.

Ini tentu saja berbeda dengan beberapa pabrikan  mobil lainnya, yang hanya ingin mobil listrik laku diminati dan terjual dipasaran. 

Meski baru seumur jagung, bahkan belum resmi meluncurkan produknya, PT Premium Auto Prima (Premium Group) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Zeekr berjanji bakalan menghadirkan produk mobil listrik premium di Tanah Air.

Baca juga: Zeekr Resmi Masuk Indonesia, Bakal Ada 2 Model Mobil Listrik Baru

Tampang model mobil listrik dengan desain khas Eropa

Managing Director PT Premium Auto Prima, JinHong Lin Darwin, mengklaim mobil listrik Zeekr dikembangkan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi mutakhir. 

“ZEEKR ingin memberikan produk yang tidak hanya sekedar sebuah alat transportasi, tetapi turut
memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan mampu memanjakan konsumen secara sesungguhnya saat mengendarai mobil listrik,” ungkap Jinhong dalam keterangan tertulis, Kamis (25/9/2024).

Lantas apa yang membuat PT Premium Auto Prima begitu yakin akan Zeekr bisa menjadi salah satu mobil listrik yang mampu bersaing di kancah otomotif Indonesia? Berikut ulasanya. 

Baca juga: Sebelum ke Indonesia, MPV Listrik Mewah Zeekr 009 Mendarat di Thailand

1. Bagian dari Geely dan Volvo

Meski usianya masih dikatakan anak baru kemarin, yaitu baru berdiri Maret 2021, namun Zeekr bukanlah sebuah perusahaan yang minim kemampuan. 

Pasalnya, merek Zeekr atau Zeekr Intelligent Technology Holding Limited punya bekingan dari sebuah perusahaan terkemuka yang terdaftar di bursa saham Tiongkok, yaitu Geely Automobile Holding. 

Di bawah payung Geely Automobile Holding, terdapat sederet merek mobil yang sudah memiliki nama besar, baik di negara asalnya China, maupun di berbagai negara lain. 

Beberapa merek otomotif yang jadi bagian group ini satu diantaranya merek mobil asal Swedia yaitu Volvo. Merek mobil yang berkantor di Torslanda, Gothenburg, Swedia ini sangat dikenal akan mobil yang memiliki teknologi keamanan dan keselamatan tingkat tinggi. 

Selain itu, Geely Automobile Holding juga memiliki deretan brand lainya, seperti Lynk & Co, Geometry, London Electric Vehicle Company, Farizon Auto, Cao Cao Mobility, hingga Polestar dan Lotus. Jadi, nggak heran kan kalau Zeekr cukup pede menjajakan produknya di Indonesia dikelas mobil listrik premium.

Baca juga: Kenalin Nih Zeekr 001 2023, Mobil Listrik yang Bisa Tempuh Jakarta-Solo PP Tanpa Ngecas

2. Memiliki teknologi canggih dalam pembuatan mobil listrik Zeekr

Proses produksi sudah dilengkapi berbagai peralatan dan perlengkapan canggih

Karena sudah menjadi bagian dari group besar, maka hal ini akan memudahkan Zeekr dalam berbagi ilmu atau teknologi dengan saudaranya. 

Maka dari itu, kehadiran mobil-mobil Zeekr yang diklaim memiliki teknologi canggih dan mutakhir tak lepas dari proses pengembangkan yang dilakukan secara langsung di Zeeks Intelligent Factory yang berlokasi di Hangzhou Bay, Ningbo, China. 

Pabrik cerdas Zeekr ini sepenuhnya mengintegrasikan proses manufaktur yang canggih dengan memadukan teknologi terkini seperti 5G, AI, dan big data. Pabrik yang mulai beroperasi pada 19 Oktober 2021 ini memanfaatkan teknologi digital lebih banyak, sehingga memungkinkan untuk pengembangan produk berkelanjutan. 

Untuk proses produksi disebut menggunakan berbagai teknologi cerdas, sehingga mencapai sistem manufaktur yang transparan, lincah, dan karena didukung jaringan internet mumpuni. Selain itu, mereka meyakini, jika mobil-mobil yang dikembang dan dikembangkan memiliki kualitas tinggi. 

Perlu diketahui, pabrik cerdas Zeekr ini memiliki lini produksi giga-casting L4 berskala besar pertama di dunia. Proses casting, stamping, welding, pengecatan, hingga final dimonitor dengan baik lewat internet 5G dan big data. Seluruh proses produksi dalam pabrik bisa dipantau dengan baik.  

Zeekr juga memanfaatkan teknologi Internet of Things dan konektivitas nirkabel guna mencapai kualitas produk terbaik, dan pemeriksaan kualitas setiap produk dilakukan sangat ketat dan berstandar tinggi dengan diperiksa secara seksama agar setiap detail untuk memastikan produk keluar dari jalur produksi dengan kualitas sempurna. 

3. Punya proses pembuatan baterai sendiri

Baterai dibuat sendiri dengan mengedepankan keamanan hingga durabilitas

Hingga saat ini masalah yang masih dihadapi bagi para pemain mobil listrik adalah baterai. Namun bagi Zeekr, baterai sudah bisa ditangani dengan baik lantaran mereka memiliki proses produksi baterai sendiri melalui lini bisnis bernama Viridi E-Mobility Technology (VREMT).

Disebutkan, jika baterai yang diproduksi oleh VREMT memiliki sejumlah keunggulan, seperti energi tahan lama sehingga daya juga kuat. Selain itu, baterai yang dikembangkan mengedepankan tingkat keamanan lebih tinggi, stabil, dan dapat diandalkan. 

Yang tak kalah penting, baterai VREMT didesain mengikuti standar sertifikasi keselamatan yang paling ketat di dunia serta telah lulus lebih dari 100 uji keamanan dan keandalan.  Kelebihan lainnya, baterai telah dilengkapi pengisian daya terbaik sehingga saat mengisi daya bisa sangat cepat. 

4. Punya tempat R&D sendiri

Memiliki tempat proses produksi dan pembuatan baterai sendiri

Mobil-mobil yang dibuat Zeekr disebut sudah melalui berbagai pengujian secara menyeluruh, agar memiliki standar terbaik. Hal ini karena Zeekr memiliki pusat riset dan pengembagan secara mandiri, termasuk mengenai desain yang akan dibuat di Design Studio yang berlokasi di Shanghai.

Menurut Head of Zeekr ART Design, Javier Garcia-Gallardo, perusahaannya sengaja mengembangkan mobil yang menyasar kelas atas dengan menerapkan tiga fitur utama yaitu Safety, Performa dan Teknologi.

“Persyaratan keselamatan sangat penting tidak hanya yang ada di kabin mobil, tetapi juga keselamatan pasif yang terintegrasi sehingga memiliki nilai jual tinggi bagi konsumen ZEEKR,” jelas Javier Garcia-Gallardo.

Bagi Zeekr, di tempat ini mereka memiliki berbagai pengetahuan termasuk evolusi sebuah kendaraan yang tidak hanya berasal dari pasar lokal, tetapi juga global. Keberadaan Design Studio juga memberikan berbagai perspektif beragam dan menjadi solusi akan sebuah pasar kendaraan listrik di dunia, dan memberikan navigasi pasr di masa depan. 

5. Mobil listrik Zeekr sasar pasar premium

Zeekr 009

Memang Zeekr belum menghadirkan secara penuh produknya di Indonesia. Akan tetap, secara global mereka telah memiliki sejumlah produk di berbagai segmen seperti Zeekr 009 dan 009 Grand, lalu Zeekr 001FR, 001,  007, dan X. 

Bahkan Zeekr telah menghadirkan model mobil listrik 009 untuk pasar otomotif Thailand, dan digadang-gadang di dalam waktu dekat mobil tersebut akan mendarat di Indonesia. 

Meski baru satu yang siap dipasarkan di Indonesia, berbagai aura mobil listrik premium sudah terasa pada Zeekr 009.  Pada bagian desain, 009 ini memang sekilas ingin menyasar segmen Toyota Alphard, yang notabene merupakan sosok mobil MPV premium dengan desain boksi. 

Kabin Zeekr 009

Aura premium juga terasa pada bagian interior, dengan berbagai aksen kemewahan tersematkan, mulai dari baris pertama, kedua dan ketiga. Belum lagi ornamen pada bagian kabin juga terkesan mewah, mulai dari dashboard, system hiburan, jok, dan material yang digunakan. 

Selain itu, 009 juga sudah disematkan berbagai fitur keselamatan yang jumlahnya cukup banyak, sehingga pengemudi dan penumpang akan terasa nyaman serta aman. Nggak heran, mobil listrik premium dari Zeekr ini bisa dijual sekitar Rp1,4 miliar dan harga tersebut memang bersinggungan dengan Alphard. 

Source link

Exit mobile version