Home Otomotif Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Hyundai Santa Fe 2024 Menantang CR-V Hybrid,...

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Hyundai Santa Fe 2024 Menantang CR-V Hybrid, Sampai Pindad Prabowo Mirip SUV Korea

0

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Hyundai Santa Fe 2024 Menantang CR-V Hybrid, Sampai Pindad Prabowo Mirip SUV Korea 01

Kehadiran All New Hyundai Santa Fe 2024 ternyata langsung menyedot perhatian publik di Indonesia. Terlebih lagi PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) kini menawarkan Santa Fe bukan lagi bermesin diesel, namun pakai teknologi hybrid.

Kehadiran Santa Fe hybrid juga sekaligus menjadi tonggak baru bagi sejarah HMID, karena ini adalah mobil HEV (Hybrid Electric Vehicle) pertama mereka untuk konsumsi pasar dalam negeri. Hal tersebut sejalan dengan strategi prinsipal Hyundai yang secara global bukan hanya berfokus pada kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) namun juga kendaraan hybrid.

Menariknya, kehadiran Hyundai Santa Fe 2024 yang datang dengan varian mein hybrid turbo 1.6-liter dan mesin bensin ICE 2.0-liter tersebut, langsung dibanding-bandingkan oleh netizen Indonesia dengan sosok Honda CR-V e:HEV.

Kedua mobil ini memang identik meski satu sama lain punya keunggulan masing-masing. Bagi Honda, CR-V e:HEV juga menandai kembalinya teknologi hybrid di mobil mereka yang dulu sempat sukses pada Honda CR-Z.

Lantas soal harga, antara Honda CR-V e:HEV dengan harga Hyundai Santa Fe 2024 varian mesin hybrid juga mirip. Jadi tak heran banyak orang membandingkan mana dari keduanya yang lebih unggul dan worth to buy.

Tak heran kedua mobil itu pun menempati daftar Top 5 Artikel bagi Autofun Indonesia selama sepekan ke belakang. Tapi tentunya, bukan cuma Santa Fe dan CR-V saja, ada beberapa mobil lain yang memiliki traffic cukup tinggi.

Berikut rincian Top 5 Artikel Autofun periode 21-27 Oktober 2024:

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Kehadiran Toyota Hilux Rangga Hingga Suzuki Jimny 5 Pintu yang Sudah Ada Sekennya

1. Spesifikasi Lengkap dan Daftar Harga All New Hyundai Santa Fe 2024 Semua Varian

Pertama kalinya Hyundai Indonesia hadirkan mobil hybrid

All New Hyundai Santa Fe 2024 akhirnya resmi hadir di Indonesia. SUV ini datang dengan dua varian tipe yang masing-masing hadir dengan dua konfigurasi jok yang berbeda. Ada yang 6 seater ada juga yang 7-seater.

Hyundai Indonesia menawarkan All New Santa Fe dalam varian Prime dan Calligraphy sebagai tipe tertingginya. Masing-masing varian ini hadir dengan konfigurasi jok 6 penumpang atau 7 penumpang. Dan keduanya pun memiliki dua varian mesin yang berbeda. 

All New Santa Fe merupakan generasi kelima dari Santa Fe yang beredar secara global. Ini juga jadi model HEV (Hybrid Electric Vehicle) Hyundai pertama di pasar otomotif Indonesia, yang siap menjawab pertumbuhan permintaan konsumen akan mobil hybrid dari pabrikan asal Korea Selatan (Korsel) itu.

Unit yang dibawa ke Indonesia hadir dalam dua opsi mesin. Yaitu mesin 2.5 GDI yang sanggup menghasilkan tenaga 194 PS dengan torsi 246 Nm.

Mesin kedua adalah mesin hybrid yang merupakan kombinasi antara mesin 1.6 GDI Turbocharged dengan motor elektrik. Mesin bensinnya berkekuatan 180 PS dengan torsi 265 Nm, sementara motor listrik tipe Permanent Magnet Synchronous bisa menghasilkan daya 44,2 kW (60 PS) dengan torsi 264 Nm.

Untuk sistem transmisinya, pada varian hybrid menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan. Sedangkan di tipe mesin bensin pakai gearbox matic 8-speed.

Kedua varian Hyundai Santa Fe 2024 ini juga menawarkan tiga pilihan Drive Mode, yaitu Eco, Normal, Sport untuk membantu pengemudi menentukan gaya berkendara sesuai kebutuhan. Mode Eco menciptakan kinerja kendaraan yang semakin efisien. Mode Normal menjadi pengaturan default yang cocok untuk mobilitas harian. Lalu, mode Sport hadir untuk mendorong akselerasi mobil yang lebih cepat. 

Untuk mengetahui keunggulan lainnya mengenai Hyundai Santa Fe 2024, berikut harga seluruh varian, klik disini ya.

2. Gara-gara Ubahan Ini Konsumsi BBM Kia Carnival 2024 Diesel Jadi Lebih Irit

Kia Carnival ada pembaruan di desain blok mesin

Konsumsi BBM Kia Carnival 2024 diklaim bakal lebih efisien dibanding model sebelumnya karena ada beberapa revisi yang dilakukan pabrikan.

Baru-baru ini pabrikan otomotif asal Negeri Ginseng, Kia, meluncurkan Carnival baru di India. Memperoleh sedikit ubahan di sektor jantung pacu, membuat konsumsi BBM Kia Carnival 2024 untuk varian dieselnya jadi semakin irit.

Seperti diketahui bahwa Carnival 2024 untuk varian diesel menggendong mesin Smartstream turbocharger berkapasitas 2.151 cc CRDi, DOHC, 16 valve 4-silinder segaris seperti pendahulunya. Mesinnya juga masih dipadukan menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan. 

Namun MPV bertubuh bongsor ini diklaim semakin irit bahan bakar berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Automotive Research Association of India (ARAI). Berdasarkan pengetesan yang dilakukan oleh ARAI, untuk penggunaan bahan bakar solar, konsumsi BBM Kia Carnival 2024 diesel kini bisa tembus hingga 14,85 km/liter, atau lebih hemat 0,95 km/liter dari model sebelumnya.

Dengan kapasitas tangki bahan bakar berjumlah 72 liter, maka saat tangki terisi solar secara penuh, Canival baru memiliki daya jelajah sejauh 1.069 kilometer. Sebagai informasi, Carnival model lama berdasarkan klaim ARAI untuk konsumsi bahan bakarnya di angka 13,9 km/liter.  

Mau tau teknologi baru apa yang membuat konsumsi BBM Kia Carnival diesel 2024 makin irit? Klik disini untuk artikel lengkapnya ya!

3. Pindad MV3 Garuda Limousine Dipakai Presiden Prabowo Mirip SsangYong Rexton

Pindad MV3 Garuda Limousine

Presiden Prabowo Subianto mencuri perhatian masyarakat saat menggunakan mobil Pindad MV3 Garuda Limousine saat arak-arakan dari Gedung DPR/MPR, Senayan, menuju Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

MV3 Garuda Limousine dengan kelir putih ditumpangi Prabowo memang sangat menarik, karena bentuknya terlihat gagah, sehingga cocok digunakan sang presiden. 

Selain itu, mobil garapan PT Pindad diklaim mempunyai fitur keamanan tingkat tinggi, diantaranya seluruh body menggunakan Material Composite Armor.

Saking kuatnya, mobil ini memiliki ketahanan terhadap senjata api dengan amunisi kaliber 7,62 x 51 mm NATO ball dan kaliber 5,56 x 45 mm M193. 

Belum lagi bagian kaca juga dibuat anti peluru level B5/B6, serta dilengkapi ban berukuran 21 inci dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

Namun yang kini menjadi perbincangan, sosok mobil karya anak bangsa ini punya kesamaan dengan mobil jenama Korea Selatan, SsangYong Rexton generasi kedua yang telah mengalami facelift.

Mobil ini dirilis pada akhir 2019 namun baru dijajakan awal 2020. Rexton generasi kedua itu diberi kode Y450, serta dipasarkan pula di India oleh pihak Mahindra.

Nah seperti apa kemiripan Pindad tunggangan Presiden Prabowo dengan SUV Korea tersebut? Klik disini untuk ulasan lengkapnya.

4. Beli Mobil Listrik Chery Omoda E5 Dapat Insentif Rp50 Juta, Begini Caranya

Omoda E5 di negara lain pakai nama C5 EV

Salah satu bentuk upaya mempercepat pertumbuhan mobil listrik di Tanah Air sekaligus mengurangi pencemaran lingkungan, PT Chery Sales Indonesia (CSI) meluncurkan program baru yang dinamakan “Go Green Fund”.

Program ini dihadirkan secara khusus untuk masyrakat yang ingin beralih dari mobil lama ke mobil listrik Chery Omoda E5 dengan mendapat insentif senilai Rp50 juta. Program tersebut, Chery mengalokasikan setidaknya Rp100 miliar untuk 2.000 unit Omoda E5 yang disediakan.

“Melalui ‘Go Green Fund’, Chery ingin mendorong masyarakat untuk cepat beralih ke mobil listrik dengan memberikan insentif Rp50 juta kepada konsumen yang ingin melakukan trade-in (tukar tambah) dari mobil lamanya yang berbahan bakar fosil ke Omoda E5,” ujar Rifkie Setiawan, Head of Brand Department PT CSI.

“Nantinya sales akan merekomendasikan mobil lama konsumen ke rekanan mereka untuk tafsiran harga. Dari situ misal keluar tafsiran harganya Rp150 juta, nanti kalau sudah deal ditambahkan Rp50 juta oleh Chery menjadi Rp200 juta. Misal untuk pembelian Omoda E5 Pure yang harganya saat ini Rp419,8 juta, konsumen tinggal menambah Rp219,8 juta,” ungkapnya.

Kalau kalian ada keinginan melakukan trade in mobil lama dengan Chery Omoda E5, klik disini untuk mengetahui syarat mendapatkan insentif tambahan dari Chery tersebut.

5. Ini Perbedaan Honda CR-V 2.0 RS e:HEV dengan 1.5 Turbo, Harga Selisih Rp 65 Jutaan

All New CR-V punya pilihan mesin hybrid dan 1.5L Turbo

All New Honda CR-V RS e:HEV tercatat sudah resmi masuk ke pasar otomotif Indonesia saat berlangsungnya pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Ini adalah generasi keenam dari Honda CR-V yang bukan hanya terlihat lebih sporty tapi juga membawa fitur lebih lengkap serta teknologi hybrid.

All New Honda CR-V untuk pasar Tanah Air ditawarkan dalam dua varian, yakni 1.5L Turbo dan 2.0 RS e:HEV. Keduanya memiliki sejumlah perbedaan yang cukup signifikan meski secara tampilan eksterior agak sedikit ada kemiripan.

Kehadiran All New CR-V sekaligus menjadi penanda dimulainya penerapan teknologi elektrifikasi Honda di Indonesia, atau yang disebut dengan Honda e:technology. Pabrikan Jepang ini terhitung terakhir kali ada di segmen kendaraan hybrid dengan CR-Z.

Dengan teknologi e:HEV yang disematkan pada CR-V terbaru ini, mobil tersebut dibekali motor listrik dengan tenaga terbesar di kelasnya. Dengan begitu bukan hanya memiliki performa tinggi, mobil ini juga hemat bahan bakar sekaligus lebih ramah lingkungan.

Walau begitu, Honda juga masih tetap menyediakan varian CR-V bermesin 1.5-liter Turbo VTEC, bagi konsumen yang lebih menginginkan sensasi berkendara agresif. Lantas apa perbedaan dari kedua mobil ini? Yuk lihat ulasan lengkapnya disini.

Source link

Exit mobile version