Home Otomotif Selisih Rp50 Juta, Perbedaan BYD Atto 3 Advance dan Superior Cukup Banyak

Selisih Rp50 Juta, Perbedaan BYD Atto 3 Advance dan Superior Cukup Banyak

0

perbedaan BYD Atto 3 Advance dan Superior

Perbedaan BYD Atto 3 Advance dan Superior bukan cuma sekedar di baterai mengingat selisih harga barunya mencapai Rp50 juta. Sebagai SUV listrik dengan bentuk kompak, di Indonesia BYD Atto 3 berhadapan secara langsung dengan Neta X dan Chery Omoda E5.

Mengenai harga, per Oktober 2024 untuk wilayah Jabodetabek tipe Advance ditawarkan Rp465.000.000, dan Superior Rp515.000.000. Memiliki selisih harga baru yang cukup banyak, berikut perbedaan BYD Atto 3 Advance dan Superior.

Baca juga: Kulik Spesifikasi BYD Atto 3 di Indonesia, Sanggupkah Lawan Chery Omoda E5?

Perbedaan BYD Atto 3 Advance dan Superior

Eksterior

BYD Atto 3 Superior

Baik varian Advance maupun Superior secara tampilan luar sekilas terlihat sama. Keduangnya sama-sama memperlihatkan bentuk yang aerodinamis, sporty sekaligus agresif.

Mengimplementasikan bahasa desain Dragon Face 3.0, mobil ini banyak mengintegrasikan garis-garis tajam dipadu lekukan proposional namun tidak terlalu menyiku. 

Memilki bentuk agresif, lampu utamanya sudah dibekali LED dengan follow me home, Adaptive Front Light (AFL), serta LED DRL. Selain itu sistem penerangan lainnya mobil ini terdapat LED rear-light serta ambient lighting.

Bicara akan ambient lighting yang ditempelkan pada pintu, untuk tipe Advance hanya memancarkan satu warna saja, yaitu biru. Sedangkan tipe flagshipnya, Superior menampilkan lampu warna-wwarin yang dapat berubah menyesuaikan ritme musik.

Tampilan belakang Atto 3

Baik Advance maupun Superior, Atto 3 diaplikasikan velg alloy model kipas dengan konsep dual-tone. Sebagai diferensiasi, varian Advance untuk velg yang digunakan memiliki ukuran 17 inci yang dibalut ban berprofil 215/60, selanjutnya untuk Superior lingkar rodanya menggunakan diameter 18 inci dengan ban 235/50.

Bergeser ke sisi buritan, untuk membuka pintu bagasi Atto 3 Advance dilakukan secara manual. Berbeda dengan Advance, tipe Superior sudah mendapatkan one-touch open dan close tailgate yang dapat membuka dan menutup pintu secara otomatis cukup hanya menekan tombol.

Mengenai persamaan yang ada pada bagian luar, keduanya sama-sama dibekali dengan panoamic sunroof berukuran besar, spion electric with retractable termasuk fitur pemanas kaca, roof rail dan electric control tailgate.

Interior

Interior Atto 3

Ruang kabin BYD Atto 3 Advance maupun Superior tampak begitu eksklusif dengan menyuguhkan kesan modern dan nyaman. Memiliki desain unik perpaduan ala pesawat luar angkasa dan mobil konsep, untuk handle pintunya juga terlihat eksentrik dengan bentuk bulat.

Melihat center cluster, kedua varian berhasil dibenamkan head unit layar sentuh 15,6 inci yang dapat diputar menyesuaikan kebutuhan baik landscape maupun potrait. Sistem hiburannya mendukung beberapa konektivitas modern, seperti; phone connectiviy, audio streaming, navigasi dengan satelit, serta voice assistant berbahasa inggris.

Sebagaimana mobil keluaran saat ini, untuk pengaturan fitur yang ada pada sistem hiburannya tersebut dapat dikendalikan melalui tombol pada setir.

Memiliki kualitas suara tingkat atas, tipe Superior dipadukan dengan HD Sound sebanyak 8 speaker yang tersebar mulai dari depan hingga belakang. Berbeda dengan Superior, Advance menggunakan 6 speaker.

Pada bagian pengemudi kedua tipe mendapatkan panel instrument cluster digital 5 inci yang tampak informatif dan modern. Seperti sistem hiburannya, berbagai informasi berkendara bisa diatur melalui tombol pada setirnya.

Jok baris pertama Atto 3

Melihat console tengahnya, Atto 3 terasa begitu ergonomis berkat tombol fitur yang dibuat mengelompok serta shift knob dengan desain unik. Masih di area console tengah, tipe Superior dibekali dengan wirless charging yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengisian daya smartphone hanya cukup meletakannya.

Untuk jok pengemudi dan penumpang depan keduanya memperoleh pengaturan 6 dan 4 arah yang menggerakannya hanya cukup dengan menekan tombol. Beranjak ke baris kedua, keduanya dilengkapi air ventilator, USB port 12V type-C, kemudian arm rest di tengah serta memiliki tiga head rest.

Mengenai sistem pendingin udara, kedua varian dibekali fitur automatic climate, heater serta filter CN95. Namun khusus tipe teratas mendapat tambahan teknologi PM 2.5 yang dapat membunuh bakteri yang terbawa udara dengan menghasilkan udara segar.

Baca juga: Penjualan Makin Moncer, BYD M6 Mulai Kalahkan Dolphin dan Atto 3

Fitur Keselamatan Sepadan

Atto 3 dilengkapi ADAS

Menyoal fitur keselamatan baik Atto 3 Advance maupun Superior tidak memiliki ubahan yang berarti. Seperti yang dapat dilihat keduanya dibekali dengan 7 airbags, seat belt reminder – front & rear, kamera 360 derajat, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), 2 radar di depan, 4 radar di belakang, Auto hold, Electric Parking Brake System (EPB), Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Stability Program (ESP).

Bukan cuma itu, keduanya pun memperoleh Traction Control System (TCS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Hill Decent Control (HDC) serta Stop & Go Full Speed Adaptive Cruise Control (ACC-S&G) dan Automatic Emergency Braking System (AEB),.

Memberikan rasa aman dan nyaman selama berkendara, Advance dan Superior dibekali fitur keselamaan otonom berupa Advanced Driver Assistance System (ADAS). Fitur ADAS pada kedua varian mencakup;

  • Front Collision Warning (FCW)
  • Rear Collision Warning (RCW)
  • Blind Spot Detection (BSD)
  • Door Open Warning (DOW)
  • Lane Departure Warning (LDW),
  • Lane Keeping Assist (LKA)
  • Lane Change Collision Warning (LCW)
  • Rear Cross Traffic Alert (RCTA)
  • Rear Cross Traffic Brake (RCTB)

Pengisian Daya DC Fast Charging Lebih Besar, Atto 3 Superior Punya Jarak Tempuh Jauh

Atto 3 dapat menempuh jarak sejauh 480 kilometer

Kedua varian Atto 3 untuk pasar Tanah Air dibekali tempat penyimpanan daya listrik LFP (Lithium Ferro Phosphate) yang dinamai BYD Blade Battery. Bateri ini diklaim lebih kuat, aman dan tahan kama dibandingkan baterai pada mobil listrik umumnya.

Pada tipe Advance, pabrikan membekalinya dengan baterai berkapasitas 49.92 kWh dengan jarak tempuh bekisar 410 kilometer menurut NEDC. Kemudian Superior, mobil ini punya baterai dengan kapasitas lebih besar 60.48 kWh, yang mana dari kondisi penuh bisa menjalankan mobil hingga 480 kilometer berdasarkan NEDC.

Atto 3 dibekali motor listrik tunggal yang diletakan di depan dengan melecutkan tenaga 150 kW (204 PS) dan torsi 350 Nm. Catatan waktu yang diperoleh untuk 0-100 km/jam tipe Advance memerlukan 7,9 detik, dan 7,3 detik untuk varian Superior.

Perlu diketahui bahwa Atto 3 mendukung pengisian daya DC Fast Charging dengan lubang pengisian CCS 2. Hanya saja untuk varian Advance port CCS 2 nya mampu menggunakan daya pengisian 70 kW, sedangkan Superior sebesar 80 kW.

Kesimpulan

Selisih harga baru mencapai Rp50 juta, diferensiasi antara BYD Atto 3 Advance dan Superior khusus pada tampilan luar terletak di velg. Dimana tipe Superior memakai ukuran lebih besar, mabeint lghting yang dapat berubah warna, serta adanya power tailgate untuk memudahkan pengguna ketika ingin membuka dan menutup pintu bagasi.

Selanjutnya untuk bagian dalam Atto 3 Superior memperoleh 8 speaker dengan menghasilkan kualitas suara tingkat atas, serta tambahan filter PM 2.5 yang dapat membunuh bakteri yang terbawa udara dengan menghasilkan udara segar.

Dari segi jarak tempuh, tipe flagshipnya juga memiliki daya jangkau lebih jauh serta mendukung pengisian daya DF Fast Charging dengan tegangan lebih besar guna mempercepat pengisian daya listriknya.

Baca juga: Test Drive Mobil Listrik BYD Atto 3, Jakarta – Bandung PP Gak Perlu Ngecas Baterai?

Source link

Exit mobile version