Home Berita Jokowi Mengaku Nyaman dengan Golkar, Apakah Ini Isyarat?

Jokowi Mengaku Nyaman dengan Golkar, Apakah Ini Isyarat?

0

Presiden Joko Widodo atau Jokowi terlihat berpenampilan berbeda saat melakukan kunjungan ke Jepang pada Sabtu, 16 Desember 2023 lalu. Ketika akan bertolak ke Tokyo dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, dia mengenakan dasi kuning yang dipadukan dengan jas, celana biru gelap, dan kemeja putih.

Gaya berpakaian Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menimbulkan pertanyaan dari awak media. Saat ditanya alasannya, sambil tersenyum dan memegang dasi kuningnya, Jokowi menjawab singkat, “Masa enggak tahu (artinya).”

Pertanyaan itu terus berlanjut ketika Jokowi meresmikan Jembatan Otista Kota Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, 19 Desember 2023. Saat itu, Jokowi yang tidak mengenakan dasi ditanya soal kedekatannya dengan Partai Beringin yang dipimpin Airlangga Hartarto. Jokowi lalu membenarkan dirinya nyaman dengan Partai Golkar.

Analis politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago, berpendapat bahwa ini merupakan bagian dari cara Jokowi dalam mengekspresikan jalan politiknya. Menurutnya, dengan kebiasaan Jokowi yang suka dengan simbol politik, ini menunjukkan bagian kode mantan Gubernur DKI Jakarta itu dalam menentukan arah politiknya.

Dasi kuning yang dikenakan Jokowi, menurut Arifki, bisa menjadi kode keras bahwa mantan Wali Kota Solo itu bakal melabuhkan kendaraan politiknya di Partai Golkar usai Pilpres 2024. Namun, dia menyatakan bahwa dasi kuning ini bukan tanda bahwa Jokowi akan langsung keluar dari PDI-P.

Pengamat politik dari Populi Center, Usep Saepul Ahyar, menilai bahwa langkah politik Jokowi ke depan kini sudah semakin jelas dan gerakannya sudah dapat terbaca oleh publik. Namun, dia meyakini bahwa tidak ada tindakan ekstrem yang dilakukan politisi untuk mengubah peta politik nasional jelang Pilpres 2024.

Menurut Pakar komunikasi politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing, adanya dasi kuning Jokowi dapat diartikan bahwa Jokowi akan semakin dekat dengan Golkar. Menurutnya, Jokowi tidak mungkin memiliki dua kartu anggota partai.

Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun enggan mengomentari mengenai dasi kuning Jokowi. Dia mempersilakan untuk menanyakan langsung kepada Jokowi tentang hal tersebut.

Exit mobile version