Home Berita Kekerasan Berbasis Gender Online: Fenomena Gunung Es yang Tersembunyi

Kekerasan Berbasis Gender Online: Fenomena Gunung Es yang Tersembunyi

0

Kepala Divisi Kesetaraan dan Inklusi SAFEnet, Wida Arioka, menyatakan bahwa saat ini isu Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) masih banyak yang belum terlihat. Isu ini juga disebut sebagai fenomena gunung es yang telah diadukan ke pihak SAFEnet.

“Kami menyadari bahwa ini masih fenomena gunung es, karena kami merasa bahwa ini baru yang diadukan ke SAFEnet. Nanti juga Komnas Perempuan juga punya datanya,” ungkap Wida Arioka dalam Konferensi pers “Ruang Digital Tak Aman, Penanganan KBGO Belum Sejalan, Butuh Perhatian” yang dilakukan secara daring, Selasa (19/12/2023).

Menurut Wida, korban yang terkena kasus KBGO namun tidak terlihat akan bingung untuk melakukan pengaduan ke pihak mana. Hal ini karena lembaga tersebut tidak dapat melihat korban tanpa adanya pengaduan.

“Berapa yang kemudian mengadu ke Komnas Perempuan, kita sadari bahwa masih banyak yang tidak kelihatan di bawah gunung es ini. Yang tidak kelihatan tidak tahu harus mengadu kemana, tidak tahu bagaimana harus bertindak seperti itu,” sambungnya.

Selain itu, Wida juga mengungkapkan bahwa kekacauan dalam menangani KBGO tersebut bukan hanya dari negara saja. Namun, kekacauan tersebut bersumber dari instrumen hukum dan platform media sosial yang banyak digunakan oleh pengguna.

“Tadi berangkat dari semua kekacauan penanganan KBGO yang sumbernya enggak cuma dari negara, dari instrumen hukumnya, tapi juga dari platform media sosial atau perusahaan media sosial sebagai penyelenggara sistem elektronik. Di mana sebenarnya semua kejahatan berbasis gender atau yang online yang difasilitasi teknologi itu terjadi di platform-platform mereka,” jelas Wida.

Exit mobile version