Home Kesehatan 7 Cara Efektif Mengatasi Perut Kembung secara Alami

7 Cara Efektif Mengatasi Perut Kembung secara Alami

0

Perut kembung sering digambarkan sebagai perasaan penuh atau sesak di perut, seperti ada gas yang terperangkap, merasa seolah-olah perut lebih besar dari biasanya, dan merasa tidak nyaman di perut. Tingkat keparahan rasa tidak nyaman karena kembung berkisar dari ringan hingga berat, namun dapat mempengaruhi kualitas hidup secara signifikan.

Kembung biasanya tidak berbahaya, tetapi jika mengalami sakit yang berlebihan, buang air besar tidak teratur, darah di tinja, demam, diare, atau muntah, segera konsultasikan dengan dokter. Tenaga kesehatan dapat membantu mengetahui penyebab kembung dan bagaimana mengatasinya.

Ada beberapa pengobatan yang efektif untuk membantu mengurangi kembung dan rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya. Berikut adalah 7 tips untuk mengatasi perut kembung:

1. Makan Lebih Lambat
Kecepatan makan dapat menyebabkan kembung karena udara yang Anda telan saat makan dengan cepat. Makan terlalu cepat dapat mencegah otak mengirimkan sinyal kenyang, sehingga Anda tidak menyadari kapan harus berhenti makan setelah merasa kenyang. Makan dengan penuh kesadaran dapat membantu memperlambat kecepatan makan, menikmati makanan, dan mengurangi risiko kembung.

Sumber: Forbes

Segera konsultasikan dengan dokter jika mengalami gejala kembung yang parah untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Source link

Exit mobile version