Home Otomotif Pakai Transmisi CVT Konsumsi BBM Chery Tiggo 5X Jadi Irit?

Pakai Transmisi CVT Konsumsi BBM Chery Tiggo 5X Jadi Irit?

0

Konsumsi BBM Chery Tiggo 5X

Belum lama ini tim Autofun Indonesia melakukan uji konsumsi BBM Chery Tiggo 5X dengan menggunakan metode pengujian full to full.

Untuk pengetesan sendiri dilakukan dengan berkendara di dalam kota dan luar kota.

Perlu diketahui sebelumnya, PT Chery Sales Indonesia (CSI) secara resmi merilis harga Chery Tiggo 5X untuk pasar Tanah Air, pada Kamis, 13 Juni 2024.

Sebagai SUV kompak kaum urban, mobil bagian dari keluarga Chery Tiggo ini dibandrol Rp249.000.000 untuk varian Classic dan Champion Rp279.000.000, untuk harga wilayah Jabodetabek.

Khusus untuk 1.000 konsumen pertama, Chery memberikan harga spesial yaitu Rp239.000.000 untuk varian Classic dan Rp269.000.000 untuk varian Champion.

Membawa konsep “Go Be Young”, berikut ini adalah konsumsi BBM Chery Tiggo 5X.

Baca juga: Harga Resmi Chery Tiggo 5X di Bawah Rp 300 Juta, Bikin Nyali Honda HR-V dkk Ciut!

Konsumsi BBM Chery Tiggo 5X Dalam dan luar Kota

Konsumsi BBM Chery Tiggo 5X dalam dan luar kota berdasarkan MID

Kedua varian Tiggo 5X yang ditawarkan untuk konsumen Tanah Air dipersenjatai mesin 1.500 cc Naturally Aspirated (NA) 4-silinder segaris.

Di atas kertas, mesinnya mampu memeras tenaga hingga 114 PS di 6.150 rpm dengan torsi sebesar 141 Nm pada 3.800 rpm.

Pada mobil ini, mesinnya diletakan secara melintang dengan dipadukan transmisi otomatis jenis CVT.

Untuk membuatnya berjalan, putaran mesin yang dikendalikan melalui transmisi CVT-nya tersebut selanjutnya diteruskan ke roda depan.

Bicara konsumsi BBM Tiggo 5X berdasarkan pengetesan yang dilakukan, namun seperti yang dijelaskan sebelumya tim Autofun Indonesia melakukan pengujian dengan metode full to full menggunakan gaya berkendara normal baik dalam dan luar kota .

Berdasarkan pengujian untuk traffic dalam kota dengan menempuh jarak sejauh 102,2 kilometer, dengan kecepatan rata-rata 30-40 km/jam dalam kondisi stop and go yang relatif sedikit, konsumsi bahan bakar yang diraih sebesar 9,35 km/liter.

Beda halnya ketika melakukan pengetesan dengan perjalanan ke luar kota yang kondisi jalan konstan 80-100 km/jam, konsumsi BBM-nya mobil ini relatif irit meskipun tidak bisa dibiliang sangat irit.

Yang mana dengan menepuh jarak sejauh 94,8 kilometer, untuk penggunaan bahan bakar yang diperoleh yakni 15,25 km/liter.

Konsumsi BBM Chery Tiggo 5 X Full to Full
Dalam kota 9,35 km/liter
Luar kota 15,25 km/liter

0-100 Km/Jam di Bawah 15 Detik

Tes drive Tiggo 5X

Di atas kertas Tiggo 5X memiliki tenaga dan torsi yang bisa dibilang di atas rata.

Dipadukan dengan transmisi CVT, perpindahan giginya terasa begitu halus dengan menghasilkan karakter yang cenderung linear baik dari putaran bawah, menengah merangkak naik ke atas.

Ketika pengetesan akselerasi dilakukan, catatan waktu terbaik untuk 0-100 Km/jam di angka 14,61 detik.

Bantingan Empuk

Tiggo 5X melewati obstacle

Sekelas SUV kompak dengan panjang 4.318 mm, lebar 1.831 mm dan tinggi 1.662 serta wheelbase 2.610 mm.

Ketika melewati beberapa jalan sedikit berkontur,  bantingan dari suspensinya memberikan ekspektasi yang cukup baik.

Berbeda dengan beberapa SUV kompak lainnya yang ada di Indonesia, yang lebih ke arah stiff.

Fitur Melimpah Tiggo 5X

Interior Tiggo 5X di malam hari

Harga baru di bawah Rp300 juta, Tiggo 5X punya fitur yang cukup melimpah.

Seperti halnya intelligent key, yang secara otomatis mengunci ataupun membuka kunci sesuai jarak remote ke mobil tanpa harus menekan timbol pada remot.

Melalui remot, pengguna bisa menghidupkan mesin termasuk AC untuk mendinginkan suhu di dalam kabin.

Selain itu, penggunaan dashboard turunan dari Tiggo 7 ini sudah serba digital, salah satunya penggunaan AC dengan panel sentuh yang bukan cuma menamplikan kesan mewah namun juga eronomis.

Siap memenuhi segala kebutuhan kaum urban terutama para eksekutif dan keluarga muda yang aktif dan dinamis, mobil ini juga dilengkapi headlamp dan wiper otomatis, serta switch jendela yang sudah otomatis di keempat sisi.

Baca juga: Perbedaan Chery Tiggo 5X Classic dan Champion, Selisih Rp30 Juta Mending Pilih Mana?

Kamera 360 Derajat Bikin Pengendara Tidak Merasa Was-was

Fitur kamera 360 derajat Tiggo 5X

Tiggo 5X dibekali fitur keselamatan 360 derajat yang disematkan pada spion samping untuk fitur teratasnya.

Secara visual tangkapan gambar yang dihasilkan ditampilkan melalui head unit 10,25 inci yang tersematkan pada center cluster.

Saat berbelok kamera 360 derajat otomatis aktif dan menampilkan kondisi sekitaran mobil.

Dengan adanya kamera 360 derajat ini mobil minim akan gejala blind spot, sehnigga pengemudi dapat memperhitungkan segala objek yang ada di sekitaran mobil.

Bicara fitur keselamatan lainnya, mobil ini sudah dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Brake Assistant System (BAS), dan Brake Override System (BOS).

Ada pula Electronic Stability Program (ESP), Traction Control (TC), Hill start Assist Control (HAC), Hill Descent Control (HDC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), dan Auto Central Lock, terdapat pada keduanya.

Berfungsi untuk mencegah cedera yang serius akibat tumbukan cukup keras, varian Champion memperoleh 6 airbags, sedangkan 2 airbags untuk tipe Classic.

Sedangkan tipe teratasnya berhasil dilengkapi fitur keselamatan otonom berupa Advanced Driving Assistance System (ADAS).

Fitur ADAS yang ada pada tipe Champion diantaranya; Lane Departure Warning (LDW), Blind Spot Detection (BSD), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Adaptive Cruise Control (ACC), Front Collision Warning (FCW), Autonomous Emergency Braking (AEB) dan Intelligent High-bam Control Headlamp (IHC).

Fitur Sunroof Jadi Keunggulan Tiggo 5X

Sunroof Tiggo 5X

Meski menyandang sebagai SUV perkotaan, Tiggo 5X membawa kesan lapang, mewah dan sekaligus nyaman.

Untuk dashboard dan beberapa material plastik lainnya dibungkus dengan bahan kulit premium soft touch, tak terkecuali joknya. 

Head unit layar sentuh dengan capacitive touch screen berukuran 10,25 inci yang digunakan mendukung konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto.

Terasa ergonomis, untuk melakukan pengaturan pada head unitnya dapat dikendalikan melalui tombol yang terletak pada setir.

Setirnya telah tersematkan fitur tilt & telescopic dengan pengaturan tinggi-rendah dan jauh-dekat terhadap pengemudi.

Menariknya, mobil ini sudah dibekali voice control dan jok dengan pengaturan 6 arah di bagian pengemudi serta pengaturan 4 arah di sisi penumpang depan.

Menjaga supaya kualitas udara di dalam kabin agar tetap sehat dan segar, AC-nya mendukung teknologi PM 2.5.

Hanya saja pada tipe Champion, pabrikan sudah melengkapinya dengan multi color interior serta multi color ambient light, yang warnanya dapat diatur menyesuaikan keinginan penggunanya di semua bagian.

Bukan cuma itu, sistem audionya pun memiliki jumlah lebih banyak dengan menghasilkan suara lebih jelas.

Sebagai salah satu fitur pendukung dalam berkendara, varian Champion berhasil tersematkan sunroof yang dapat dibuka dan ditutup secara otomatis hanya dengan menkan tombol.

Baca juga: First Drive Chery Tiggo 5X: SUV Sub Kompak China dengan Kenyamanan Eropa

Kesimpulan

Berdasarkan pengujian konsumsi BBM Chery Tiggo 5X yang dilakukan tim Autofun Indonesia dengan metode full to full berkendara di dalam dan luar kota, secara konklusi untuk pemakaian dalam kotanya cenderung sedikit boros.

Mengingat SUV kompak modern ini menggunakan mesin 1.500 cc dengan transmisi CVT.

Pesaing di kelasnya, rata-rata konsumsi bahan bakar untuk pemakaian dalam kota berada di kisaran angka 12-13 km/liter.

Begitupun penggunaan luar kota, angka penggunaan bahan bakar yang diperoleh juga terbilang sidikit boros, meskipun masih dalam terbilang wajar.

Rivalnya sendiri untuk penggunaan luar kota bisa tembus 16 hingga 18 km/liter.

@garasi.autofun Nyaman ✅️ Fitur Lengkap ✅️ Kabin yang lapang ✅️ Irit ❓️ #reviewmobilbaru #tesmobilbaru #reviewmobil #tipsmobil #mobilbaru #tesmobil ♬ Bossa Nova / cafe / food comfortable with a guitar – MATSU

Source link

Exit mobile version