Home Otomotif Toyota Avanza G 1.5 vs Veloz 1.3, Pilih Tampilan Sporty atau Performa...

Toyota Avanza G 1.5 vs Veloz 1.3, Pilih Tampilan Sporty atau Performa Buas?

0

Toyota Avanza 1.5

Harga Toyota Avanza G 1.5 vs Avanza Veloz 1.3 bekas terpaut tidak terlalu jauh, apalagi untuk yang tahun produksinya berbeda.

Misalnya pada CARSOME.id diketahui bahwa harga Toyota Avanza G 1.5 bekas lansiran 2020 ditawarkan Rp176.500.000, sementara Rp201.500.000 untuk Avanza Veloz 1.3 bekas produksi 2021.

Bicara harga kredit di CARSOME.id, Avanza G 1.5 lansiran 2020 ditawarkan Rp172.000.000, cicilan Rp4.070.609 dengan lama tenor 5 tahun.

Sedangkan Avanza Veloz 1.3 produksi 2021, harga kreditnya di angka Rp196.000.000, cicilan Rp4.622.225 serta lama tenor 5 tahun.

Baca juga: Bukan Cuma Tampang, Ini Perbedaan Toyota Avanza 1.3 G dengan Toyota Avanza 1.3 E

Keduanya Versi Facelift dari Toyota Avanza Gen 2

Kedua mobil bekas yang ditawarkan merupakan versi improvement dari generasi Grand New Avanza yang diluncurkan pada 2019.

Pada versi penyegarannya ini, Avanza G 1.5 maupun Avanza Veloz 1.3 sudah menggunakan lampu utama dengan teknologi LED yang seolah dibagi menjadi dua bilah.

Tepat di bawah lampu utamanya tersebut terdapat lampu senja serta lampu sein yang masih mengandalkan bohlamp.

Di sisi buritan, bentuk stoplamp yang ditampilkan keduanya pun terlihat semakin mewah berkat adanya aksen krom/black krom yang dibuat memanjang dengan garnish di tengah.

Memiliki tahun produksi yang berbeda, mending pilih Toyota Avanza G 1.5 atau Avanza Veloz 1.3 bekas?

Untuk mengetahui apa saja perbedaan kedunya, simak terus ulasan berikut ini.

Toyota Avanza G 1.5 vs Avanza Veloz 1.3

Eksterior Avanza Veloz Lebih Sporty

Toyota Avanza G 1.5

Sebagai informasi, Avanza G 1.5 merupakan varian teratas di keluarga Avanza biasa, sedangkan Avanza Veloz 1.3 jadi tipe terendah di keluarga Toyota Veloz.

Secara tampilan eksterior, Avanza Veloz 1.3 lebih sporty ketimbang Avanza G 1.5.

Ini terlihat dari bumper depan yang dibuat lebih add-on dengan penggunaan air dam yang lebar, selain itu, rumah foglamp Avanza Veloz 1.3 juga terlihat lebih sporty berkat bentuk yang diterima.

Di samping, Avanza Veloz 1.3 memperoleh tambahan side skirt di bawah pintu yang tentunya memberikan kesan sporty lebih tegas pada mobil ini.

Meski begitu keudanya sama-sama mendapatkan body cladding pada pintu, yang berfungsi untuk memberikan perlindungan pada sisi pintu bagian terluar.

Bergeser melihat ke bagian buitan, keduanya sudah dilengkapi spoiler, rear wiper dan shark fin antenna.

Toyota Avanza Veloz 1.3

Namun untuk Avanza Veloz 1.3, spoilernya memiliki bentuk lebih sporty, kemudian garnish di tengah sudah dipadukan aksen black krom, berbeda dengan Avanza G 1.5 yang hanya dilapisi krom biasa.

Oh iya, Avanza Veloz 1.3 juga memiliki bumper belakang dengan bentuk lebih sporty dan memanjang.

Baca juga: Toyota Raize 1.2 G CVT vs Toyota Avanza 1.3 G AT, Pilih Nyaman Atau Muat Banyak?

Fitur Avanza Veloz 1.3 Lebih Komplit

Interior Avanza Veloz 1.3

Mengenai fitur, baik Avanza G 1.5 maupun Avanza Veloz 1.3 sama-sama dipadukan spion samping dengan fitur electric mirror dan auto folding.

Di bagian dalam, untuk interior keduanya telah disematkan head unit layar sentuh yang mendukung format DVD, iPod/iPhone Connectivity, USB, Bluetooth dan AUX.

Baik Avanza G 1.5 maupun Avanza Veloz 1.3 untuk head untinya dipadukan dengan 4 speaker split dan 2 tweeter.

Tepat dibawah sistem hiburan terdapat tombol pengaturan AC dengan tampilan digital yang tampak begitu modern sekaligus informatif, namun juga terasa praktis.

Terasa ergonomis, pada lingkar kemudinya kedua mobil ini disematkan steering switch control yang berfungsi untuk menjalakan beberapa fitur pada head unitnya tersebut.

Untuk memberikan posisi nyaman berkendara, kedua mobil ini dibekali tilt&telescopic pada setirnya.

Fitur lainnya, kedua mobil mendapatkan power window di semua jendela, sistem kemudi Electronic Power Steering (EPS), central lock, arm rest baris pertama, port USB baris pertama dan kedua, serta AC double blower.

Oh iya, untuk nuansa interior Avanza G 1.5 dikombinasikan warna beige dan black, sedangkan Avanza Veloz 1.3 menggunakan warna full black yang memberikan kesan sporty.

Fitur Keselamatan Keduanya Sama

Interior Avanza G 1.5

Menyoal fitur keselamatan berkendara, baik Avanza G 1.5 maupun Avanza Veloz 1.3 telah dibekali dual airbags, ABS (Anti-Lock Braking System), ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam dan Front Passenger Seat belt Warning.

Sebagai bentuk perlindungan lebih kepada penggunannya, keduanya mendapat tambahan 2 titik sensor parkir serta kamera parkir.

Dari segi keamanan, kedua mobil ini juga sudah memperoleh immobilizer dan alarm.

Namun untuk Avanza Veloz 1.3, pabrikan melengkapinya dengan fitur keamanan berupa keyles entry yang memudahkan pengguna ketika ingin membuka/mengunci pintu serta menyalakan/mematikan mesin hanya dengan sekali menekan tombol.

Baca juga: Toyota Veloz GR Limited Vs Veloz Biasa, Tambah Fitur Sedikit Harganya Makin Mahal

Avanza G 1.5 Punya Tenaga Lebih Besar

Mesin 2NR Avanza 1.5

Bicara jantung pacu, Avanza Veloz 1.3 dipersenjatai mesin bensin 1.329 cc berkodekan 1NR-VE 4-silinder segaris, 16 Valve DOHC Dual VVT-i.

Mesin yang digunakan mampu merilis tenaga sebesar 96,5 PS di 6.000 rpm dengan torsi mencapai 120 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Sedangkan pada Avanza G 1.5, mobil ini dibekali mesin bensin 1.496 cc dengan kode 2NR-VE 4-silinder segaris, 16 Valve DOHC Dual VVT-i.

Di atas kertas, tenaga yang diperoleh jantung pacu tersebut sebesar 104 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 135 Nm di 4.200 rpm.

Kedua mobil yang ditawarkan oleh CARSOME ini dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dengan sistem penggerak roda belakang untuk membuatnya berjalan.

Performa Avanza G 1.5 Terasa Lebih Buas

Avanza G 1.5

Memiliki kubikasi mesin lebih besar, karakter yang dimiliki Avanza G 1.5 yakni memiliki nafas lebih panjang dibandingkan dengan Avanza Veloz 1.3

Untuk tarikannya juga cenderung lebih responsif ketika kami mencobanya.

Sedangkan dari segi penggunaan bahan bakar, keduanya hanya memiliki selisih yang terbilang sedikit antara 1-2 km/liter.

Kesimpulan

Harga Toyota Avanza G 1.5 vs Avanza Veloz 1.3 bekas hanya terpaut Rp20 jutaan, namun Avanza Veloz 1.3 memiliki tampilan lebih sporty dan fitur lebih komplit.

Hal ini berkat penggunaan bumper depan, belakang yang berbeda serta tambahan side skirt di samping, selain itu di belakang juga garnishnya sudah menggunakan aksen black smoke.

Di dalam, Avanza Veloz 1.3 juga tampil lebih sporty berkat penggunaan interior yang menggunakan warna hitam.

Berbeda dengan Avanza Veloz 1.3, Avanza G 1.5 untuk interiornya dikombinasikan warna krem dan hitam.

Untuk fitur keduanya hampir sama, yakni sama-sama dilengkapi spion dengan pengaturan fitur electric mirror dan auto folding, 

Fitur keselamatan dan keamanan keduanya pun masih setara, hanya saja untuk Avanza Veloz 1.3 mendapat tambahan keyless entry untuk fitur keamanannya.

Begitupun pada sistem hiburannya yang menggunakan head unit layar sentuh 7 inci dengan konektivitas modern, 4 speaker split dan 2 tweeter, audio switch control, tilt&telescopic, power window di semua jendela, sistem kemudi Electronic Power Steering (EPS), central lock, arm rest baris pertama, port USB baris pertama dan kedua, serta AC double blower.

Namun apabila kalian lebih mengutamakan performa, menjatuhkan pilihan pada Avanza G 1.5 merupakan pilihan yang tepat, lantaran mesin 1.5 yang digunakan menjajikan performa lebih besar, tapi masih efisien dalam pemakaian bahan bakar.

@autofun.indonesia Ini yang bikin Toyota Veloz selalu masuk jajaran terlaris! #veloz #toyota #reviewmobil #mobilbaru #toyota #avanza ♬ Astringent and nimble electric piano jazz (1017112) – Doggie Jazz

Source link

Exit mobile version