Home Otomotif Begini Cara Pasang dan Melepas Aki Mobil yang Benar, Awas Terbalik Positif...

Begini Cara Pasang dan Melepas Aki Mobil yang Benar, Awas Terbalik Positif dan Negatif

0

cara pasang aki mobil

Cara pasang aki mobil mungkin terdengar sepele. Padahal jika tidak dilakukan dengan tahapan yang benar maka bisa berpotensi menimbulkan masalah pada komponen di kendaraan tersebut.

Kalian tentu sudah paham betul, jika aki alias accu merupakan komponen penting pada sebuah kendaraan. Perangkat berbentuk kotak persegi ini bertugas untuk menyuplai daya listrik pada komponen elektronik di kendaraan tersebut.

Mulai dari sekedar menyalakan lampu utama, menghidupkan klakson, mengaktifkan head unit, sampai ke menyalakan starter mesin. Karena itulah kalian wajib mengecek secara berkala kondisi dari aki tersebut.

Jika sudah waktunya diganti, maka aki perlu untuk disubstitusikan dengan yang baru. Guna melakukan hal tersebut, kalian wajib paham bagaimana melepas dan cara pasang aki mobil sendiri di rumah.

Memang sih, buat urusan mengganti aki baru, kalian bisa saja dengan mudah mengarahkan kendaraan ke bengkel resmi atau bengkel umum terdekat yang sudah kalian percaya. Tapi tidak ada salahnya jika proses tersebut kalian lakukan sendiri saja, sembari merawat dan mengenal kendaran itu lebih dalam.

Untuk itulah, pada pembahasan kali ini Autofun akan membagikan bagaimana tutorial cara melepas aki mobil dan juga cara pasang aki mobil yang benar.

Baca juga: Ketahui Spesifikasi Aki Mobil Berapa Ampere yang Cocok untuk Mobil Kalian

Tahapan Cara Melepas Aki Mobil yang Benar

Sata melepas, pastikan lepas kutub negatif dulu

Sebelum mulai memasang aki yang baru, tentunya kalian harus lebih dulu melepas aki lama yang ada di mobil tersebut. Aki lama yang sudah tak berfungsi optimal ini harus dikeluarkan dari tempatnya untuk digantikan aki baru.

Meskipun melepas dan memasang aki terlihat mudah, namun tidak boleh sembarangan melakukannya. Yuk simak tahapan cara melepas aki mobil yang benar di bawah ini.

1. Persiapkan Alat yang Digunakan

Tahap pertama sebelum melepas aki, ada baiknya persiapkan alat-alat yang diperlukan terlebih dahulu. Alat-alat yang harus disiapkan untuk melepas aki pun sangat sederhana dan bisa didapatkan dengan mudah, yaitu cukup siapkan tang, obeng dan kunci pas.

2. Pastikan Mesin Mobil dalam Kondisi Mati

Sebelum mulai melepas aki mobil yang benar pastikan terlebih dulu mesin mobil dalam kondisi mati, kemudian cabut kunci mobil untuk meyakinkan tidak ada arus listrik yang mengalir pada kendaraan tersebut. Perlu Anda ketahui, melepas aki saat mesin dalam kondisi hidup bisa mengakibatkan korsleting.

3. Lepaskan Kutub Negatif Lebih Dulu

Lepaskan kunci mobil biar tidak terjadi konsleting

Tahap selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk melepas aki yaitu dengan melepas lebih dulu kabel kutub negatifnya. Kutub negatif biasanya ditandai dengan minus (-) dan warnanya hitam.

Pelepasan kutub negatif harus terlebih dulu dilakukan agar tidak terjadi korsleting. Jika korsleting terjadi, tentu aki atau kendaraan kalian akan mengalami masalah.

4. Selanjutnya Lepaskan Kutub Positif

Setelah kutub negatif dilepas, kalian selanjutnya melepas kutub bagian positif dari aki tersebut. Kutub positif umumnya ditandai dengan plus (+) dan warnanya merah. 

Cara melepaskannya pun sama dengan kutub negatif tadi, yaitu lepaskan kabel, baut kemudian klem. Kalian bisa menggunakan tang, obeng, atau kunci pas yang sesuai dengan kepala aki tersebut.

5. Lepaskan Bracket Aki

Aki yang tersimpan di bagian ruang mesin bisa berdiri tegak dan tidak mudah goyang karena dihubungkan oleh bracket. Oleh karena itu, setelah kutub negatif dan positif dilepas langkah selanjutnya yaitu melepaskan bracket tersebut. Bracket aki bisa dilepas dengan sangat mudah menggunakan kunci pas nomor 10 atau 12.

6. Angkat Aki Perlahan dan Jangan Miring

Apabila seluruh baut, klem kutub negatif dan positif serta kabel sudah tidak tersambung lagi dengan aki, maka tahap terakhir yaitu mengangkat aki tersebut dari kerangka mobil. Pengangkatan aki pun tidak boleh dilakukan secara tergesa-gesa. 

Kalian harus mengangkat aki dengan pelan dan usahakan posisinya tidak miring agar cairan aki tidak tumpah. Sebagai informasi, cairan aki berkonsentrasi asam sulfat yang sangat pekat. Apabila cairan tersebut mengenai kulit tentu akan mengakibatkan iritasi, oleh karena itu terapkan cara melepas aki mobil yang benar.

Apabila aki telah berhasil keluar dari posisinya, maka letakkan aki tersebut pada tempat yang aman dan teduh, sembari kalian mempersiapkan untuk memasang aki yang baru.

Baca juga: Kerikil Nyempil di Ban Mobil Jangan Diabaikan, Bisa Bikin Celaka!

Cara Pasang Aki Mobil yang Benar

Saat pasang aki baru, dahulukan kutub positif

Setelah aki dilepas, kalian tentu akan memasang aki yang baru bukan? Sama seperti melepas, cara pemasangan aki juga harus dilakukan dengan tepat. Untuk itu, silahkan simak uraian berikut.

1. Masukkan Aki ke Ruang Mesin dengan Posisi Tegak Lurus

Tahap pertama untuk memasang aki ke kerangka mobil yaitu posisikan agar aki tetap dalam keadaan tegak lurus supaya cairannya tidak tumpah. Setelah itu, letakkan aki ke tempat dudukannya secara perlahan dan penuh kehati-hatian.

Selanjutnya lihat apakah posisi aki sudah pas di tempatnya atau belum. Aki harus terpasang pada dudukannya secara pas dan tidak goyah agar nantinya aman selama pemakaian dan menimbulkan bahaya. 

2. Cara Pasang Aki Mobil Dahulukan Kabel Kutub Positif

Berbeda dengan waktu pelepasan, pemasangan kabel harus dimulai dari kutub positifnya. Alasan mengapa saat memasang aki harus didahulukan kutub positif yaitu supaya nanti tidak terjadi percikan api yang bisa membahayakan.

Apabila kutub negatif dipasang terlebih dahulu, bisa jadi komponen berbahan logam tersebut teraliri listrik. Pada saat itu, kondisi aki masih belum siap bekerja. Dengan demikian dikhawatirkan nantinya terjadi korsleting listrik jika kutub negatif dipasang terlebih dahulu.

3. Dilanjutkan Pasang Kabel Kutub Negatif

Pastikan semua baut sudah dikencangkan sebelum mesin mobil diaktifkan kembali

Pada waktu pelepasan memang diharuskan mendahulukan kutub negatifnya terlebih dahulu, namun saat pemasangan merupakan kebalikannya. Setelah kabel kutub positif terpasang sempurna, selanjutnya pasang kabel bagian negatifnya.

Apabila nanti muncul percikan api, hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar dan tidak membahayakan. Percikan api tersebut akan berhenti dengan sendirinya jika kepala aki sudah terpasang secara sempurna.

4. Kencangkan Klem Bracket dan Kepala Kabel Aki

Jika posisi aki sudah terpasang, sebelum memulai langkah selanjutnya, kalian harus pastikan semua baut klem bracket sudah terpasang dengan kencang. Selain itu baut kepala aki baik kutub positif maupun kutub negatif juga wajib dicek ulang kekencangannya.

Apabila saat pengecekan terdapat bagian yang belum terpasang dengan baik, segera benahi. Jangan sampai dibiarkan ada kabel yang kendor atau bahkan belum terkunci

5. Menyalakan Mesin Mobil

Setelah melihat semua bagian aki sudah terpasang dengan sempurna, selanjutnya kalian bisa coba menyalakan mesin mobil. Jika mesin sudah menyala, tunggu dulu selama beberapa menit agar semua komponen mesin bekerja dengan baik.

Setelah mesin dirasa sudah panas, dan aliran listrik juga mulai normal kembali, coba gunakan kendaraan itu untuk berjalan. Apabila saat dikendarai rasanya sudah enak dan nyaman, maka mobil sudah bisa digunakan seperti biasanya.

Ketika aki mobil diganti, umumnya setting audio, jam digital, dan beberapa perangkat elektronik lainnya di dalam mobil mungkin akan kembali pada settingan awal dari pabrik. Untuk itu kalian harus melakukan pengaturan ulang sesuai kebutuhan.

Demikian teknik melepas dan cara pasang aki mobil yang benar. Tidak sulit kok jika kalian lakukan dengan seksama dan berhati-hati.

Baca juga: Berawal dari Timah Jadi Sumber Listrik, Ternyata Proses Pembuatan Aki Mobil Sangat Rumit

@garasi.autofun Kiat-Kiat Darurat Edisi Toyota Kijang Innova Zenix #reviewmobil #kiatkiatdarurat #tipsmobil #mobilbaru #reviewmobil #innova #2gd #kijangmenolakpunah #kijanginnova #zenix #zenixhybrid ♬ Comedy, Pleasure, Excitement | Piano BGM – STAR DUST BGM

Source link

Exit mobile version