Home Otomotif Punya Fitur Modern, Truk Mercedes-Benz Rakitan Dalam Negeri Ramaikan Pameran Mining Indonesia...

Punya Fitur Modern, Truk Mercedes-Benz Rakitan Dalam Negeri Ramaikan Pameran Mining Indonesia 2024

0

truk Mercedes-Benz

Agen pemegang merek kendaraan niaga bus dan truk Mercedes-Benz di Tanah Air, Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) ikut serta memeriahkan gelaran Mining Indonesia 2024 yang berlangsung di di JIEXPO, Kemayoran dari 11-14 September mendatang.

Selama acara berlangsung, pihaknya memamerkan produk truk yang merupakan rakitan lokal kolaborasi dengan mitra karoseri, sekaligus memberikan berbagai layanan purna-jual khusus bagi pelanggan truk Mercedes-Benz.

“Sebagai perusahaan manufaktur global yang terpercaya, kami berkomitmen penuh untuk mendukung Indonesia. Hal ini tercermin dari investasi pabrik baru kami di Cikarang yang akan beroperasi penuh pada 2025 untuk memproduksi lebih banyak truk dan bus dengan TKDN lebih tinggi. Untuk Mercedes-Benz Axor yang ada di pameran kali ini dirakit di Indonesia dan sudah mengantongi sertifikat TKDN,” ujar Naeem Hassim, Presiden Direktur DCVI, Rabu (11/9).

Baca juga: Mercedes-Benz 0 500 RSD 2445, Sasis Bus Pertama di Indonesia dengan Fitur ADAS

BOD DCVI acara Mining Indonesia 2024

Adapun model truk kolaborasi dengan mitra karoseri yang ditampilkan yakni Mercedes-Benz Axor dengan aplikasi Truck Overburden dan Water-Sprayer Truck, serta Mercedes-Benz Arocs dengan aplikasi Truck Hauling, dan juga Truck Overburden tonase besar.

“Kami selalu berusaha memberikan truk yang tangguh untuk mendukung penggunaan jangka panjang, serta memberikan solusi peningkatan operasional dan juga menambah nilai bisnis. Kami mengerti bahwa mitra dan pelanggan kami di industri tambang membutuhkan truk yang kuat untuk dioperasikan di area tambang,” tambahnya.

Baca juga: Pakai Suspensi Udara, Bus dan Truk Mercedes-Benz Tonjolkan Kenyamanan dan Kuat Muatan Banyak

Jenis Aplikasi Truk Mercedes-Benz di Area Tambang dan Fitur Modern yang Dimiliki

Truk Mercedes-Benz Arocs 4042 K (6×4)

Jenis empat unit truk Mercedes-Benz yang dipamerkan pada Mining Indonesia 2024 yakni Mercedes-Benz Axor 2528 CH (6×4), Mercedes-Benz Axor 2528 RMC (6×4) M/T, Mercedes-Benz Arocs 4042 K (6×4), dan Mercedes-Benz Arocs 4845 K (8×4). 

Axor dihadirkan demi menonjolkan berbagai teknologi yang dibawa, seperti fitur unggulan keselamatan melalui adanya Anti-lock Braking System (ABS) yang merupakan standar dari seri ini. Membawa mesin OM 906 LA Euro 4 dengan peningkatan tenaga dan torsinya, keduanya mengunggulkan kemampuan di medan menanjak (Highest Maximum Running Gradeability).

Masing-masing unit Mercedes-Benz Axor tersebut juga dilengkapi dengan Direct Injection Unitized Pump dengan Engine Management System dan Selective Catalytic Reduction (SCR) yang memang sudah terbukti lebih hemat bahan bakar untuk kendaraan yang melaju di jalanan tambang. Sejak dikenalkan pertama kali pada tahun 2017, Axor sudah memiliki 7 tipe Axor yang lolos TKDN dengan kandungan lokal lebih dari 25%.

Mengusung mesin OM471, unit Mercedes-Benz Arocs membuktikan ketangguhan, keamanan dan keselamatan yang sangat memanjakan konsumen tambang di Indonesia. Berbagai teknologi keamanan telah terpasang pada unit ini, seperti adanya Anti lock Braking System (ABS), cruise control, rocking free mode, hill holder, serta struktur kabin yang dilapisi 4 layar pelindung korosi.

Arocs juga telah dibekali juga dengan Acceleration Slip Regulation (ASR) yang bertujuan untuk mencegah truk selip roda ketika terbiasa menggunakan tenaga tinggi untuk memulai, sehingga arah kemudi kendaraan pun lebih stabil dan aman.

Tahun ini DCVI bekerjasama dengan 4 karoseri lokal Indonesia yakni:

  1. Mercedes-Benz Axor 2528 CH (6×4)  M/T, dan Mercedes-Benz Arocs 4042 K (6×4), yang hadir menggunakan aplikasi body OverBurden dari karoseri Metalindo Teknik Utama dan Hydraxle Perkasa;  Aplikasi Overburden Truck (truk OB), atau salah satu jenis Dump Truck yang biasa dipakai di industri tambang. Karoseri menyematkan vessel atau bak terbuka yang bisa digerakkan naik dan turun menggunakan hidrolik dan bisa dikontrol langsung melalui kabin pengemudi dengan PTO switch (Power Take-off). Dump Truck jenis ini biasa digunakan untuk memindahkan material tanah (sisa material tak terpakai yang melapisi batubara) ke tempat pembuangan
  2. Mercedes-Benz Arocs 4845 K (8×4), yang hadir menggunakan aplikasi body Truck Hauling Coal dari karoseri Porter Rekayasa Unggul. Hauling Truck merupakan salah satu jenis Dump Truck yang biasa digunakan untuk mengangkut batubara dari Pit (tempat ekskavasi materi) menuju ROM (Run of Mine – tempat meletakkan materi mentah), ataupun dari ROM menuju pelabuhan.
  3. Mercedes-Benz Axor 2528 RMC (6×4) M/T, yang hadir menggunakan aplikasi body Water Sprayer oleh karoseri Usaha Teknik Indonesia; Truk dengan aplikasi Water Sprayer atau penyemprot air ini merupakan kendaraan yang dibangun khusus untuk membawa dan menyemprotkan air dengan kekuatan yang bisa disesuaikan oleh pihak karoseri atas permintaan pengguna. Fungsi utama truk jenis ini adalah untuk mengendalikan debu yang dapat mengganggu operasional pertambangan dan membahayakan pekerja.

Baca juga: Mengenal Fungsi 15 Tombol yang Ada di Ruang Kemudi Mercedes-Benz Axor, Truk Andalan Gudang Garam

Source link

Exit mobile version