Home Otomotif Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Honda Brio Pilihan Pas untuk Pasangan Muda

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Honda Brio Pilihan Pas untuk Pasangan Muda

0

Honda Brio

Nama Honda Brio terpilih ke dalam Rekomendasi Mobil Keluarga 2024 versi Autofun Indonesia dan iCar Asia untuk kategori Young Couple Family Car. Bercokol dalam dua segmen sekaligus, LCGC dan city car sub-kompak, ada beberapa poin kenapa Brio berhak menyandang gelar tersebut.

Sebagai kendaraan perkotaan, banyak kelebihan yang ditawarkan mobil ini untuk para anak muda serta keluarga muda guna mendukung segala aktifitas sehari-hari.

Untuk harga baru Brio sendiri memang bukan termurah di kelasnya, yang mana menurut situs resminya per September 2024 mobil ini dibandrol mulai dari Rp167,9 juta sampai dengan Rp253,1 juta OTR Jakarta.

Harga Honda Brio terbaru 2024 OTR Jakarta:

  • Satya S MT: Rp 167.900.000
  • Satya E MT: Rp 182.800.000
  • Satya E CVT: Rp 198.300.000
  • RS MT: Rp 243.100.000
  • RS CVT: Rp 253.100.000

Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik 2024 Versi Autofun: Mulai dari Bintangnya Anak Muda Hingga SUV Trendy Masa Depan

Penjualan Honda Brio Paling Laris Selama Juli 2024

Honda Brio RS facelift

Honda Brio meraih penjualan tertinggi menurut data wholesales (pabrik ke diler) selama Juli 2024 yang dihimpun dari GAIKINDO. Tercatat selama Juli 2024 Brio terjual sebanyak 3.425 unit, yang selanjutnya diikuti Toyota Agya 2.051 unit, dan Daihatsu Ayla 1.401 unit.

Sedangkan penjualan wholesales periode Januari – Juli 2024, Brio berhasil terjual 28.450 unit, Agya 8.884 unit dan Ayla 9.439 unit.

Tenaga Paling Besar di Kelasnya

Mesin L12 Brio

Tak sedikit alasan masyarakat Indonesia memilih Brio sebagai kendaraan untuk menunjang aktifitas sehari-hari lantaran memiliki performa paling besar di kelasnya.

Bio sendiri dibenamkan mesin L12 1.200 cc SOHC 4-silinder segaris, 16 valve i-VTEC + DBW dengan perolehan tenaga 90 PS di 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 110 Nm pada 4.800 rpm. Mesinnya disandingkan menggunakan transmisi manual 5-percepatan transmisi otomatis jenis CVT with Earth Dream Technology. 

Transmisi CVT yang digunakan terasa responsif pada putaran bawah dan halus setiap kali melakukan perpindahan gigi secara otomatis. Meski memiliki performa buas, untuk konsumsi bahan bakar Brio terbilang irit.

Berdasarkan pengetesan yang pernah dilakukan, rata-rata penggunaan BBM untuk rute kombinasi di dalam kota di angka 16 km/liter. Angka yang sangat impresif ketika pengetesan luar kota dengan kecepatan konstan di jalur bebas hambatan, konsumsi bahan bakarnya di angka 20 km/liter.  Ini pula yang menjadi pertimbangan tim redaksi kami menobatkannya sebagai Rekomendasi Mobil Keluarga 2024.

Informasi saja, Agya dan Ayla ditawarkan dalam dua pilihan mesin, 1.0L dan 1.2L. Untuk model dengan mesin 1.2L menggunakan jantung pacu WA-VE 3-silinder segaris DOHC 12 valve dual VVT-i berkapasitas 1.198 cc dengan perolehan tenaga sebesar 88 PS di 6.000 rpm dan torsi sebesar 113 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Sedangkan untuk mesin 1.0L yang digunakan memiliki kode 1KR-VE DOHC VVT-i 3-silinder segaris 998 cc yang dapat meletupkan tenaga 62 PS di 6.000 rpm dengan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm.

Untuk kedua mesin yang digunakan pada Agya maupun Ayla sama-sama dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis berjeniskan D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission).

Baca juga: Segini Biaya Service Honda Brio 2023 Facelift di Bengkel Resmi

Brio Terasa Fun To Drive

Interior Brio RS

Menyasar segmen para kaula muda, alasan lain Brio masuk sebagai Rekomendasi Mobil Keluarga 2024 lantaran menawarkan rasa berkendara yang fun to drive. Telebih pada varian teratasnya, Brio RS memiliki nuansa sporty mulai dari bagian luarnya yang mendapat tambahan body kit serta velg dengan tampilan sport.

Tak hanya itu, nuansa interiornya didominasi menggunakan warna hitam yang dikombinasikan dengan warna oranye di beberapa bagian. Untuk joknya mobil ini menggunakan material fabric dengan kontur bahan yang terasa cukup halus.

Kursi bermodelkan semi bucket yang digunakan menyuguhkan posisi duduk yang sporty namun terasa cukup nyaman. Dari segi berkendara, Brio memiliki kestabilan yang cukup baik ketika mobil dipacu dalam kecepatan tinggi maupun bermanuver.

Daya rigid yang cukup baik diperoleh dari racikan platform G-CON + ACE, dengan sistem peredam kejut bagian depan yang menggunakan MacPherson Strut dan H-Shape Torsion Beam pada roda belakang.

Dibandingkan dengan generasi pertama, secara dimensi mobil ini bertambah 42 mm, ruang lutut bertambah 60 mm, dan ruang bagasi kini lebih luas 84 liter.

Baca juga: Setara Uang Jajan Anak Kuliahan, Segini Cicilan Kredit Honda Brio Terbaru

Fitur Brio yang Bikin Penggunanya Nyaman

Jok Brio RS model semi bucket

Faktor lain mengapa mobil ini menjadi Rekomendasi Mobil Keluarga 2024 adalah karena mempunyai kabin lebih proposional dibanding model sebelumnya. Dari segi visibilitas berkendara Brio juga lebih baik. Hal ini lantaran desain dashboard yang dibuat landai dan rata.

Pada dashboard, Brio berhasil disematkan sistem hiburan berupa head unit layar sentuh 7 inci yang mendukung fitur seperti USB Port, AM/FM Radio, Bluetooth & HFT, Screen Mirroring, dan Smartphone Connection. Tepat dibawahnya terdapat pengaturan AC dengan tampilan digital yang terlihat modern.

Memudahkan pengguna ketika melakukan pengaturan, varian E dan RS dilengkapi tombol Audio Steering Control. Dengan begitu pengemudi tidak harus melepas genggaman tangan dari kemudi ketika ingin melakukan penyetingan pada head unit.

Tampak begitu informatif, untuk pusat informasi berkendara mobil ini menggunakan tampilan analog baik pada tachometer maupun odometer. Dimana pada bagian sebelah kanan terdapat layar MID.

Menunjang kenyamanan berkendara, Brio RS mendapat headrest pada baris pertama yang bisa distel naik turun guna menyesuaikan kebutuhan pengguna. Selain itu juga untuk memudahkan pengguna ketika ingin menyalakan atau mematikan mesin, Brio RS dilengkapi tombol Start/Stop Engine.

Fitur unggulan lainnya dimiliki Brio, untuk setirnya mendapatkan tilt steering yang memudahkan pengguna ketika ingin mengatur posisi tinggi-rendahnya setir. Bukan cuma itu, memudahkan penggunanya Brio S juga tersematkan spion dengan pengturan elektrik berikut pelipatan otomatis, dan power window di semua pintu.

Source link

Exit mobile version