Home Otomotif Interior Toyota Innova Zenix Q Hybrid Modellista Kalah Mewah Sama yang Ini

Interior Toyota Innova Zenix Q Hybrid Modellista Kalah Mewah Sama yang Ini

0

toyota innova zenix q hybrid modellista

Toyota Innova Zenix Q Hybrid Modellista merupakan varian paling tinggi dari lini Kijang Innova Zenix yang ditawarkan Toyota Indonesia saat ini.

Namun sebagai varian flagship, harga Toyota Innova Zenix Q Hybrid Modellista juga jadi yang paling mahal. Per September 2024, berdasarkan situs resmi PT Toyota Astra Motor (TAM), varian ini dijajakan seharga Rp 630 jutaan untuk yang basic color, dan Rp 633 jutaan untuk yang Premium Color.

Kalau mau yang harganya kurang dari itu, tentu kalian bisa pilih tipe tengah atau bawah sekali pun, meski sudah sama-sama menganut teknologi HEV (Hybrid Electric Vehicle). Tentunya dengan konsekuensi kemewahan dan kelengkapan fiturnya tidak akan setara.

Daftar harga Toyota Innova Zenix terbaru 2024:

  • 2.0 G CVT: Rp 430.400.000
  • 2.0 G CVT (Premium Color): Rp 433.400.000
  • 2.0 V CVT: Rp 476.200.000
  • 2.0 V CVT (Premium Color): Rp 479.200.000
  • 2.0 G HEV CVT: Rp 477.600.000
  • 2.0 G HEV CVT (Premium Color): Rp 480.600.000
  • 2.0 V HEV CVT: Rp 541.750.000
  • 2.0 V HEV CVT (Premium Color): Rp 544.750.000
  • 2.0 V HEV CVT Modellista: Rp 551.600.000
  • 2.0 V HEV CVT Modellista (Premium Color): Rp 554.600.000
  • 2.0 Q HEV CVT TSS: Rp 620.750.000
  • 2.0 Q HEV CVT TSS (Premium Color): Rp 623.750.000
  • 2.0 Q HEV CVT TSS Modellista: Rp 630.600.000
  • 2.0 Q HEV CVT TSS Modellista (Premium Color): Rp 633.600.000

Tapi sebenarnya jangan sedih dulu. Banyak jalan menuju Roma. Begitu kata pepatah lama. Jika kalian punya Innova Zenix tipe V atau tipe G baik yang hybrid maupun non hybrid sekalipun, sebenarnya bisa loh dibentuk semewah Toyota Innova Zenix Q Hybrid Modellista.

“Kita tawarkan paket Altera baru ini, untuk pemilik Innova Zneix tipe tengah atau rendah yang mau kabin semewah tipe Q Hybrid Modellista,” sebut Andrew Laksana, Presiden Direktur Lombardi Altera Auto Indonesia. 

Baca juga: Altera Modifikasi Interior Toyota Fortuner Ini Jadi Makin Berkelas

Paket Modifikasi Interior untuk Toyota Innova Zenix

Basis mobilnya bisa pakai Innova Zenix tipe G atau V

Andrew menyebutkan, sudah lebih kurang setahun belakangan, pihak Altera Auto Indonesia melakukan riset untuk bisa memberikan paket modifikasi interior untuk Kijang Innova Zenix. Sebelumnya perusahaan juga yang memiliki label modifikasi kabin mobil bernama Lombardi Auto Indonesia itu, sudah menyediakan paket untuk Toyota Innova Reborn dan Fortuner.

Dinamakan Toyota Innova Zenix Altera Essential Package, kehadiran paket modifikasi interior mobil ini diharapkan mampu menjadi solusi praktis bagi pengguna Innova Zenix yang membutuhkan kenyamanan dengan tambahan fitur penting dan berkualitas dengan proses pengerjaan yang cepat.

“Paket ini kami hadirkan karena Innova Zenix itu terbagi dalam 3 varian berbeda, G, V, dan Q. Terkadang ada orang yang butuh captain seat tapi tidak memerlukan TSS dan lainnya. Ada konsumen yang budgetnya lebih rendah tapi dia ingin kabin belakang juga nyaman sehingga bisa mengambil tipe G atau V untuk diupgrade ke Essential Package kami,” urai Andrew.

Sama seperti proses paket di Innova Reborn dan Fortuner,  Innova Zenix Altera Essential Package ini juga berfokus pada penambahan fitur-fitur penting yang umumnya dibutuhkan pemilik kendaraan tersebut, tanpa mengorbankan kenyamanan bawaan yang sudah diberikan pabrikan.

Pelapis jok diganti pakai bahan microfiber

“Kami menyadari dari konsumen paket Altera sebelumnya, banyak pengguna Innova yang ingin kabin mobil mereka lebih mewah tapi dengan tambahan fitur-fitur yang penting dan sesuai kebutuhan mereka. Untuk itu Altera Essential Package kini hadir di Innova Zenix dengan peningkatan signifikan kebutuhan tersebut tanpa mengorbankan kenyamanan mobilnya,” jelas Andrew.

Dirinya pun mengakui butuh waktu lama untuk akhirnya bisa merilis paket buat pengguna Innova Zenix. Sebab proses penelitian dan pengembangan ini harus melihat bagaimana konstruksi kendaraan tersebut, sistem kelistrikannya, serta keamanan fitur-fitur standarnya.

Semua itu kemudian mereka lakukan uji coba secara internal untuk melihat apakah ada dampak negatif yang mungkin terjadi ketika sudah dilakukan perombakan sektor kabin.

Ia merinci, proses pertama yang dilakukan adalah retrim ulang seluruh jok hingga bangku baris ketiga menggunakan bahan microfiber yang dibubuhi aksen perforated. Pemilihan bahan ini dinilai lebih lembut namun perawatannya lebih mudah ketimbang full leather.

Ubahan sampai jok baris ketiga

Tapi saat proses pelapisan material baru ini, busa jok juga dibuat lebih maju 12 cm dibanding standar captain seat bawaannya. Sehingga posisi jok lebih suportif dan memberi kenyamanan saat perjalanan jarak jauh.

Selain itu, khusus pada jok penumpang baris kedua juga sudah ditambahkan leg rest alias sandaran kaki, yang pergerakan naik turunnya bisa diatur secara elektronik melalui tombol yang ada di sisi kiri maupun kanan jok.

“Kalau konsumen mau semua jok full kulit juga bisa. Tergantung grade kualitas kulitnya. Kalau yang biasa-biasa saja tambah sekitar Rp 12 juta sampai Rp 15 juta. Tapi kalau pakai full wollsdorf, bisa sampai Rp 30 juta. Tapi kalau mobil dipakai harian kami sarankan bahan microfiber saja cukup, karena lebih mudah dibersihkan,” sebut Andrew.

Selain pengerjaan lapisan baru untuk jok dan setir, paket ini juga berupa pemasangan center console baru di area jok baris kedua antara kursi penumpang kiri dan kanan. Pada perangkat ini disediakan cup holder, wireless charging, pocket box yang lengkap dengan soket USB serta colokan listrik 220v 100 watt.

Jok baris tengah ditambahkan sandaran kaki dengan pengaturan elektrik

Essential package juga akan mendapatkan sepasang monitor 10 inci Full HD lengkap dengan fitur dengan Google TV yang akan menyajikan kualitas tayangan lebih stabil. 

Nah kalau kalian tertarik dengan paket basic ini, cukup sediakan budget Rp 50 juta dengan waktu pengerjaan selama dua hari untuk bisa menikmatinya.

Baca juga: Interior Toyota Innova Reborn Bisa Dibuat Lebih Mewah dari Zenix, Begini Caranya

Bisa Upgrade Audio Juga

Setir dibungkus kulit Woolsdorf

Tidak sekadar menyuguhkan modifikasi berup penggantian pelapis jok dan retrim setir saja, Toyota Innova Zenix Altera Essential Package juga memiliki paket optional yang bisa dipilih sesuai kebutuhan konsumennya. 

Optional package itu tersedia mulai dari upgrade audio, karpet mobil, sound proofing, meja lipat, dan retrim setir yang dapat ditambahkan terpisah secara satuan atau dipasang menyeluruh. 

Dari Essential Package itu dibagi juga ada beberapa paket. Pertama paket audio yaitu berupa pemasangan 8 speaker dengan 1 subwoofer berkonsep Sound Quality dengan harga Rp 22 juta. 

Ada TV 10 inci dan meja lipat

Lalu ada paket upgrade karpet khusus dari Altera seharga Rp 4 juta. Kemudian ada paket setir bungkus ulang pakai bahan Woolsdorf Leather seharga Rp 1,5. Lantas ada juga paket tambah meja lipat satu pasang dibalik sandaran punggung jok baris pertama kanan-kiri senilai Rp 14 juta.

Jika konsumen berminat juga bisa upgrade sound proofing alias peredam kabin seharga Rp 8 juta, untuk melapisi bagian dalam lantai dasar kabin mobil dan juga semua pintu dan plafon. Tapi khusus Innova Zenix tipe V plafon tidak kita pasang karena ada panoramic roof.

“Kalau konsumen melakukan pemesanan full optional package Toyota Innova Zenix Altera Essential Package harganya kira-kira Rp 100 juta, tapi akan ada potongan Rp 5 juta,” tutup Andrew. 

Baca juga: Tips Modifikasi Audio Mobil Listrik, Awas Ganggu Kinerja Baterainya

Source link

Exit mobile version